5 Risiko Bisnis Online Untuk Pemula dan Cara Mengatasinya

Bisnis online menjadi pilihan bagi para pemula untuk mencoba menghasilkan uang di mulai dari internet, membangun bisnis sendiri di era yang sangat cendereng dengan internet merupakan pilihan banyak orang untuk menghasilkan uang. Berbagai bentuk usaha yang bisa di lakukan sangatlah banyak mulai dari membangun website untuk berjualan online hingga membuka toko di tempat yang sudah di sediakn seperti halnya shoppe, tokopedia dan lainnya atau kamu juga bisa mencoba berjualan online dengan menggunakan sosial media yang kalian gunakan seperti whatsapp, facebook atau instagram. Beberapa cara pasti pernah kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan agar barang yang kamu jual laris manis di pasaran pasti kamu pernah berfikir untuk mempunyai reputasi yang bagus dan memasang iklan adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk kamu.



Namun kamu perlu ketahui apapun cara yang pernah kamu lakukan sebenarnya menjalankan bisnis online itu tidaklah mudah dan penuh dengan risiko yang akan kamu hadapi kedepannya, sama halnya seperti kamu membangun bisnis pada umumnya setiap bisnis pasti memiliki risiko.

Tapi tidak perlu takut karena risiko tersebut bisa di antisipasi sejak dini jadi kamu bisa mengatasi masalah yang akan datang jika kamu melakukan hal yang tepat dan benar dalam menjalankan usaha tersebut, pastinya kamu akan mendapatkan keuntungan yang maksimal karena telah menghindari risiko yang dapat membuat bisnis kamu hancur tapi tenang aja tips sebelum memulai bisnis bisa kamu pelajari agar bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan sangat menguntungkan.
Risiko bisnis online untuk pemula dan cara mengantisipasinya
Risiko bisnis online untuk pemula dan cara mengantisipasinya

1.) Persaingan yang ketat
Membuka usaha online bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali pesaing yang menjual beraneka ragam barang dan jasa yang mungkin jenisnya hampir sama namun memiliki harga yang berbeda-beda risiko ini termasuk hal yang paling banyak membuat para pembisnis pemula menyerah di tengah jalan karena tidak kuat akan persaingan tersebut.

Persaingan yang ketat bukanlah hal yang mustahil kamu hadapi jika kamu menciptakan barang yang akan kamu jual sendiri sehingga barang tersebut berbeda dari produk yang toko lain jual dan pastinya para pembeli akan merasa penasaran akan produk yang tersebut tapi hal ini tergantung dari kebutuhan para pembeli ya sob dan sebelum membuat produk pastikan kamu sudah riset pasar terlebih dahulu agar kamu tidak merasa usaha yang telah kamu lakukan menjadi sia-sia.

Untuk mengtasinya kamu cukup tetap konsisten dan menjual produk yang berbeda agar toko kamu bisa berjalan dengan lancar dan tetap menjadi piliah terbaik dan jangan lupa untuk riset pasar untuk menemukan produk apa saja yang cocok untuk para pembeli tersebut.

2.) Terjadinya penipuan
Penipuan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dan banyak sekali terjadi pada saat jual-beli online hal ini terjadi karena tidak adanya prosedur jual beli dan hanya mengandalkan sistem saling percaya, pentingnya membuat prosedur atau syarat dan ketentuan saat melakukan transaksi jual-beli merupakan cara paling efektif untuk mencegah terjadinya penipuan.

Menjual barang dengan sistem saling percaya merupakan tindakan paling berbahaya yang akan merugikan salah satu pihak karena bisa aja jika kamu menjual barang tersebut dengan sistem saling percaya yang ada nannti akan ada yang kabur dan proses transaksi tersebut hanya menguntungkan salah satu pihak saja, pentingnya membuat sistem rekber pada proses jual beli online sangatlah di perlukan apa lagi tindakan kejahatan di bidang online ini jumlahnya tidak sedikit oleh karena itu melakukan proses saling percaya merupakan risiko terbesar yang akan kamu hadapi jika melakukan sistem saling percaya.

3.) Permintaan pasar yang berubah-ubah
Memiliki permintaan pasar yang besar merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi pihak penjual namun terkadang kita tidak tahu kapan permintaan pasar akan melonjak besar sedangkan stock barang yang kita miliki tidak sesuai dengan permintaan tersebut, jika hal ini terjadi pastinya akan sangat merepotkan apalagi jika tempat yang biasa kita beli produk tersebut kehabisan stock juga pasti kamu akan berfikir untuk membeli produk yang serupa dari toko online lainnya.
Biasanya hal seperti ini sangat sering sekali terjadi pada produk pakaian wanita atau pria, kosmetik serta produk makanan.

Untuk mengatasinya tidak perlu kuatir kamu hanya perlu memasang jumlah produk yang sesuai pada barang tersebut dan pastikan kamu bisa memenuhi permintaan produk yang akan orang lain beli atau stock kamu di tambah jadi lebih banyak lagi jadi kalo order masuk lebih banyak kamu tidak perlu pusing mikirin permintaan pasar yang berubah-ubah deh.

Pastikan kamu memanajemen produk yang kamu miliki dengan benar dan tepat agar tidak terjadi hal seperti ini lagi karena jika hal ini sering terjadi toko kamu akan mengalami kerugian material dan biaya.

4.) Bingung mencari seller dengan harga yang murah
Pasti para pembisnis online pemula akan bingung menjual produk apa yang bisa menghasilkan untung yang cukup besar dan harganya di pasaran tidak terlalu mahal, hal ini sangat bisa sekali kamu lakukan jika kamu memiliki kenalan seller yang menjual produk lebih murah di banding harga toko maupun harga pesaing kamu.

Untuk mengatasinya kamu cukup cari informasi seller di online atau juga bisa datang ke pabrik produk tersebut dan minta berbicara kepada seller dan usahakan kamu bisa dapat kontaknya jadi kalo ada pesanan gampang tinggal melakukan pesananan dan nannti barangnya minta di antar atau kamu ambil sendiri dan pastikan sellernya rumahnya tidak terlalu jauh dari lokasi kamu.

5.) Rugi karena masang iklan dan tidak balik modal
Memasang iklan merupakan alternatif yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk kamu agar produk tersebut bisa di kenal oleh banyak oran, kamu bisa memasakran produk kamu di online, surat kabar, koran, atau tv untuk mendapatkan minat pembeli kamu, namun sayangnya harga pemasangan iklan tidaklah murah dan harganya berbeda-beda tergantung dimana kamu memasang iklan tersebut.

Untuk mengatisipasi kerugian dari pemasangan iklan pastikan kamu sudah mempelajari strategi pemasaran produk yang benar untuk mendatangkan pelanggan.

Menjalankan bisnis online sangatlah berisiko oleh karena itu kamu perlu memanajemen toko online secara benar dan tepat untuk mengantisipasi kerugian

Cara Mendapatkan Uang Terbaik, Daftar Sekarang!

0 Response to "5 Risiko Bisnis Online Untuk Pemula dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel