Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Masalah Kesehatan Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Garam


Kelebihan garam pada tubuh - Pada masakan sehari-hari yang kita temui di jalan, rumah, kantor pasti tidak luput dengan bumbu masakan garam, garam biasa di gunakan untuk menambah rasa lezat pada makanan yang kita santap sehari-hari. Dengan tambahan garam maka makanan tersebut tidak akan terasa hambar jika di makan.

Kandungan yang terdapat pada garam yaitu zat mineral seperti natriu, magnesium, kalium, kalsium dan zat besi. Garam memang penting untuk tubuh karena fungsi garam untuk tubuh bisa menjaga keseimbangan dalam tubuh. Setidaknya manusia perlu mengkonsumsi garam sebanyak satu sendok makan perharinya untuk membantu keseimbangan tubuh. Mengkonsumsi melebihi takaran akan berbahaya untuk untuk tubuh, beberapa masalah dan penyakit akan timbul jika kamu terlalu berlebihan  makan garam.




Berikut ini udah aku rangkum 5 dampak negatif yang akan terjadi pada tubuh manusia jika berlebihan mengkonsumsi garam

Dampak negatif untuk tubuh jika terlalu banyak konsumsi garam
Dampak negatif garam untuk tubuh jika terlalu banyak konsumsi garam

1. Ginjal Akan terasa sakit
Mengkonsumsi garam secara berlebihan memang tidak baik terutama bisa menyebabkan ginjalmu merasa sakit dan paling bahayanya bisa menyebabkan kematian loh, walaupun ginjal pada tubuh manusia membutuhkan garam tapi sebaiknya jangan mengkonsumsi garam secara berlebihan ya gengs, karena jika kita sudah terkenda penyakit ginjal akan memicu penyakit lainnya yang timbul di dalam tubuh kita loh. Walaupun faktor utama penyakit gagal ginjal itu sebenernya bukan dari garam tetapi dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan akan memicu penyakit lain semakin menggerogoti tubuh kita.

Sebaiknya kita mengurangi konsumsi garam secara berlebihan untuk memperbaiki keseimbanagn cairan tubuh dan meminimalisir penyakit gagal ginjal kronik.

2. Memicu Penyakit Jantung
Selain itu kebanyakan makan garam juga bisa memicu jantung manusialoh, kebanyakan makan garam akan membuat jantung manusia menjadi tidak sehat. Asupan garam yang tinggi bisa meningkatkan volume darah di dalam pembulih darah.

Karena volumenya yang meningkat akan merusak dinding pembuluh darah, karena dindingnya udah rusak maka bisa mengakibatkan pecahnya plak pembuluh darah karena kebanyakan kolestrol yang udah kita konsumsi dan terjadilah sreangan jantung. Jika kamu sudah terlalu banyak mengkonsumsi garam dan kelebihan kolestrol maka kamu akan merasakan tanda pusing dan pola napasmu akan semakin cepat, oleh karena itu kamu perlu mengurangi konsumsi garam yah gengs.

3. Tulang rentan osteoporosis
Penyakit tulang atau yang biasa kita kenal osteoporosis bukan hanya di alami oleh orang tua aja loh gengs, ternyata kebanyakan konsumsi garam juga bisa membuat kamu terkena osteoporosis dini, Asupan garam yang berlebihan akan membuat tubuh manusia kehilangan mineral dan kalsium sehingga akan digantikan kalsium dari tulang.

Jika hal tersebut terjadi maka maka tulangmu akan mudah keropos (osteoporosis) jika kamu belum mengurangi konsumsi garam maka resiko osteoporosis akan terasa di saat umurmu 35 ke atas. Setidaknya kamu hanya perlu mengkonsumsi garam sebanyak 1 sendok teh garam perhari aja untuk meminimalisir osteoporosis.
Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru Untuk SMA/SMK,D3,S1

4. Tekanan darah naik
Garam yang biasa kita makan rasanya asin, mengkonsumsi garam secara berlebihan tidak baik untuk darah karena bisa meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.

Garam memang bagus untuk tubuh manusia namun kebanyakan mengkonsumi garam akan memberikan efek negatif yang luar biasa berbahaya, mengkonsumsi garam secara berlebihan akan memberikan banyak cairan ke dalam darah, akibatnya pembuluh darah akan penuh dengan cairan. Karena hal tersebut maka  volume  dan tekanan darahmu akan meningkat dan melemahkan dinding arteri.

Arteri yang tertekan akan memperbesar dan mempersempit sehingga tekanan darahmu naik, untuk menghindari hal tersebut kamu perlu mengurangi konsumsi garam yang berlebihan.
Baca juga: 6 Aplikasi Edit Lagu Terbaik Android Mudah Digunakan
Akhir kata
Nah itu dia "4 Masalah Kesehatan Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Garam" garam memang bagus untuk tubuh manusia tetapi mengkonsumsi garam secara berlebihan tidaklah baik bahkan bisa menimbulkan efek negatif yang akan berjalan seolah bom waktu yang tertanam di dalam tubuh manusia.

Posting Komentar untuk "4 Masalah Kesehatan Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Garam"