Cara Mudah Mendaftar Snmptn dan Kuotanya

Pendaftaran snmptn penerimaan mahasiswa baru akan di mulai 14 februari 2020 melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)  website snmptn pun sudah ramai di akses oleh calon mahasiswa baru.

Anwar Effendi sebagai humas LTMPT lembaga tes masuk perguruan tinggi mengatakan untuk melakukan proses pendaftaran sudah mulai bisa di akses  dengan tahapan-tahapan yang harus di lalui oleh calon pendaftar.


Sebelum mendaftar calon mahasiswa baru harus mengikuti beberapa tahapan yang sudah berjalan sejak desember lalu mulai dari tahapan registrasi hingga pengisian PDSS dan pemeringkatan.

Setelah PDSS berakhir tercatat sudah ada 1.215.744 akun LTMPT yang terdaftar secara permanen, artinya siswa yang bisa mengikuti pendaftaran hingga proses tes berlangsung adalah mereka yang telah mengisi PDSS dengan sesuai.


Penerimaan mahasiswa baru di harapkan memenuhi kredibel, adil, transparan, fleksibel, efesien dan akuntabel.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara mengharapkan potensi, prestasi siswa SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk masuk melalui proses seleksi SNMPTN.

Tujuan mengikuti tes SNMPTN memberikan kesempatan bagi para siswa untuk meraih mimpinya untuk mengikuti pendidikan kuliah di PTN yang ia harapkan, memberikan peluang kepada perguruan tinggi negri untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi untuk bergabung di dalamnya.

Persyaratan yang harus di miliki calon pendaftar di antara lain harus mempunyai NPSN dan sudah mengisi pangakalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Cara mendaftar SNMPTN dengan mudah

Bagi siswa yang sudah memenuhi syarat dan kriteria pemeringkatan dari sekolahnya bisa melanjutkan mendaftar di website snmptn.

Untuk melakukan pendaftarannya cukup mudah, berikut cara mendaftar snmpt:
Registrasi Akun LTMPT
1. Calon mahasiswa baru di harapkan sudah mendaftar atau membuat akun di LTMPT  https://portal.ltmpt.ac.id. yang sudah di laksanakan pada tanggal 02 Desember 2019 - 07 Januari 2020.

Pengisian Data PDSS
a. Sekolah mengecek data NPSN siswa di halaman PDSS

b. Sekolah harus memastikan bahwa data tersebut sudah benar dan ada di PDSPK Kemdikbud.

c. Kepala sekolah atau orang yang di tugaskan di harapkan sudah membantu siswa untuk mendaftar di halaman PDSS melalui halaman  https://portal.ltmpt.ac.id.
d. Pengisian PDSS berlangsung antara 13 Januari - 06 Februari 2020
Pemeringkatan dan proses pendaftaran snmptn
Pemeringkatan dan proses pendaftaran snmptn

1. Login ke halaman website LTMPT menggunakan email dan password siswa

2. Setelah login siswa di haruskan mengisi biodata dengan benar dan teliti.

3. Setelah itu melakukan pemilihan PTN dan program studi yang di minati.

4. Jika siswa memiliki prestasi bisa mengupload dokumen tersebut jika ada, bisa juga keterampilan lainnya yang di upload ke bagian ini.

5. Siswa yang mendaftar program studi bidang seni dan olahraga di haruskan untuk mengupload portofolio yang sebelumnya sudah di sahkan terlebih dahulu oleh kepala sekolah, untuk pedoman membuat portofolio bisa lihat pedoman di website snmptn portofolio.

6. Setelah berhasil mendaftar siswa bisa mencetak bukti pendaftaran yang nantinya bisa di gunakan sebagai bukti bahwa siswa tersebut peserta SNMPTN di lokasi tesnya.
jadwal snmptn
jadwal snmptn

JADWAL SNMPTN
Berikut ini jadwal snmptn
Pengisian dan verivikasi PDSS 15 Januari - 10 Februari 2020 18:00
Pendaftaran Snmptn 14 Februari - 27 Februari 2020
Pengumuman hasil seleksi akan di umumkan pada 4 April 2020

Daftar PTN yang terdaftar
DAFTAR PTN SNMPTN
DAFTAR PTN SNMPTN

DAFTAR PTN SNMPTN

DAFTAR PTN SNMPTN

DAFTAR PTN SNMPTN
DAFTAR PTN SNMPTN

Limit Kuota SNMPTN 2020

Dalam website resmi snmpt terdapat kurang lebih 85 universitas negri yang ada di seluruh Indonesia salah satu di antaranya Universitas papua, ISBI Bandung, Institut Pertanian Bogor, UPN Veteran Jakarta, Universitas Indonesia dan masih banyak lagi.

Salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki banyak pilihian dengan 23 soshum dan  46 saintek.

ISBI Aceh dengan 6 soshum desain komunikasi visual, kriya seni, seni karawitan, seni rupa murni, seni tari, seni teater.

Universitas Islam Negeri AR-Raniry dengan 7 soshum dan 10 soshum.


Cek limit dan kuota selengkapnya : Cek limit snmptn

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mendaftar Snmptn dan Kuotanya"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel