Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Simple Pencegahan Penyebaran Virus Corona Di Lingkungan


Virus Corona semakin mewabah di berbagai negara. Tak heran banyak yang panik dengan kemunculan korban meninggal dunia akibat virus yang mematikan ini. Virus Corona menyebar di perkirankan sejak tahun 2019. World Health Organization (WHO) mengumumkan jika wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.



Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghindari penyebaran virus corona. Nah, berikut ini ada beberapa cara menghindari penyebaran virus corona di lingkungan Anda.

1.  Virus Corona Menyebar Melalui Cairan Tubuh

Perlu kamu ketahui jika penyebaran virus corana terjadi melalui cairan tubuh. Seperti air liur saat bersin tersentuh oleh tubuh dan pernapasan. Virus ini menybear mirip dengan penyebaran flu. Oleh karena itu, dimanapunkamu berada harus memakai masker. JIka perlu ada yang batuk atau bersin menghindari orang tersebut.

2. Pastikan Lingkungan Bersih

WHO mengatakn jika mencegah penularan virus corona simple. Kamu memastikan lingkungsn sekitar bersih dan higenis. Misalnya dengan cara membersihkan dengan disinfektan dan menyediakan pemebersih tangan di tempat umum. Selalu di ingat ketika melakukan segala aktvitas biasakan mmebersihkan diri, misalnya mencuci tangan, mengganti baju habis bepergian.

3. Sedia Tisu dan Masker
Hal yang paling penting untuk mencegah terjadinya tertular virus corana adalah memakai masker di tempat umum. Jangan lupa untuk menyediakan tisu basah maupun tisu kering. Berfungsi untuk membersihkan bagian yang kotor, sebelum kamu menyentuhnya. Hindari tempat sampah yang terbuka. Karena kebersian udara dan lingkungan memcegah penybaran virus corona.

4. Istirahat Jika Tubuh Tidak Fit
Jika daya tahan tubuhmu sedang lemat, alangkah baiknya untuk menghnetikan aktiviatas sejenak sampai benar-benar kamu pulih sehat bugar. Kenapa harus begitu? karena cara penyebaran COVID19 melalui flu dan batuk. Semakin menyiksa jika kamu bersih kukuh melakukan aktivitas.

5. Hindari Perjalanan Jauh
WHO memberikan saran untuk tidak pergi Trevelling keluar negeri semantara waktu. Salah satunya urusan kerja, alangkah baiknya perusahaan memahami hal ini. Jangan terlalu lama beraktivitas di tempat umum dan kermaian. Harus sadar diri ya, supaya tidak tertular COVID19. Jika kamu merasakan adanya gejala batuk ringan atu demam ringan( Suhu 37,3 C atau lebih) segeralah memeriksakan diri. Gejala ini berlangsung selama 14 hari.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Hal yang paling penting adalah menjaga kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh redanah maka otomatis segala macam virus akan mudah menyerang tubuh. Untuk menjaga kekebealan tubuh, kamu hanya memerluka kegiatan rutin yang cukup sederhana, misalnya olaharaga, makanan yang begizi dan kebutuhan vitamin, mineral.

7. Memasak Daging dan Telur Sampai Matang
Buat kamu yang suka makanan setangah matang, stop dulu kebiasan ini. Hal ini guna mencega terjadinya penyebaran COVID19. Kenapa begitu? Karena COVID19 menggunakan hewan sebgai vektor menjangkit manusia, saat daging tidak dimask dengan matang. Oleh kerena itu paling penting memeprhatikan tingkat kematangan daging.

8. Mengurangi Kontak dengan Orang Sakit
Selain rutin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Cara yang lainnya adalah mencegah kontak dengan orang yang sedang sakit, misalnya batuk, demam dan bersin. Hal tersebut untuk menghindari cairan dari orang yang sedang sakit flu dan batuk. JIka kamu merasa sedang tidak enak badan, gunakanlah masker saat keluar rumah. Supaya sakit yang sedang kamu alami tidal menular orang di sekitarmu.

Nah, itu dia cara mencegah virus corona menyerang tubuh kita. Menjaga kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah virus corona. Tetaplah menjaga asuan nutrisi dan berjemus di sinar matahari. Jika kamu ingin pergi keluar negeri lebih baik konsultasi dengan pelayanan kesehatan resmi.