Daftar Aplikasi Boros Kuota, Tanpa Disadari Ada pada Ponselmu


Perasaan baru kemarin isi paket internet, kok sekarang habis?

Kalimat ini sering banget kamu ucapkan saat kuota internet atau paket data cepat habis. Heran bukan? Padahal sudah lebih hemat, sampe jarang main hp atau nonton film di aplikasi. Aplikasi? Oh iya jangan-jangan karena ada aplikasi yang bisa menyedot data meski kamu tidak membukanya secara langsung.



Pasalnya, Apalikasi yang ini gak kamu askes, bisa menghabiskan data dalam jumlah yang sangat besar. Tak heran jika kuota kamu cepat habis karena aplikasi ini. Apakah ada cara untuk menghemat kuota? Apa saja Aplikasi yang bisa menghabiskan kuoat besar? Simak penjelasan berikut ini.

Aplikasi Paling Boros Kuota

Masih penasaran aplikasi apa yang cepat kuota internet habis? Padahal gak kamu bika. Nah berikut ini ada 5 Aplikasi yang paling boros paket data, yang tidak sadar yang ada di Android kamu.

1. Instagram
Saya rasa aplikasi sosial media ini ada pada Android kamu. Apalikasi yang paling populer di dunia. Haampir 50 juta pengguna Instagram di Indonesia, salah satunya kamu. Perlu kamu ketahuai jika aplikasi Instragram berkemabang dengan fitur yang mutakhir. Bukan aplikasi yang mengunggah foto, video juga sama. Makanya tak heran jika aplikasi ini boros kuota.
Karena data bisa habis saat video Instagram di putar otomatis. Jika kita memakai Hp bisa mengatur mencegah Preloading video.

Cara Menghemat kuota di Intagram
1. Buka aplikasi Istagram
2. Buka Profil
3. Pengaturan Akun
4. Penggunaan Daat Seluler
5. Hidupkan Penghemat Data

Baca juga : Kasus Paling Ekstrem Akibat Makanan Pedas
Maka dengan otomatis Instagaram akan memutasr resolusi tinggi hanya dengan WiFi tidak dengan data seluler. Cara ini bisa menghemat paket data internet.

2. Facebook
Facebook? sudah tak asing laginih di telinga kamu. Meskipun sudah banyak bermunculan aplikasi sosial media, Facebook masih tetap eksis di seluruh dunia. Banyak fitur yang terus di kembangkan facebook supaya tidak tertinggal dengan aplikasi yang modern lainnya. Sekarang juga Facebook sudah terdapat marketplace dan pemasangan iklan. Tapi, bukan permasalahan yang itu akan di bahas, melainkan aplikasi Facebook diam-diam menyedot kuota internet kamu lho.

Baca juga : 8 Cara Simple Pencegahan Penyebaran Virus Corona Di Lingkungan
Kemudian jika kamu mmebuka foto dan video. Otomatis kuota internet akan cepat habis. Perlu kamu kethaui Facebook bisa secara langsung mumutar video (Autoplay) tak jarang pakey data yang baru di isi langsung terkuras. Wah--wah kok bisa gitu ya? Jangan khwatir Facebook ada pengaturan yang mmebatasi untuk memutar video otomatis hanya pada WiFi atau menonaktifkannya.

Cara Untuk Menghemat Paket Kuota Pada Aplikasi Facebook
1. Pilih pengaturan
2. Klik pengaturan Akun
3. Klik tombo Video dan Foto
4 Pilij Autoplay
5. Terakhir Plih On Wi-Fi Connections Only Untuk koneksi di WiFi atau untuk menonaktifkan bisa pilih Never Autoplay Videos

3. Twitter
Twitter merupakan aplikasi sosial media yang populer dengan cutan recehnya dari berbagai akun twitter. Selain itu juga bisa mengunggah foto dan video. Jika, kamu suka ngeksis di aplikasi yang stau ini, tidak salahnya untuk mematikan autoplay video supaya paket data internet kamu lebih hemat. Sama seperti aplikasi yang lainnya, Twitter juga terdapat pengaturan yang bisa mengatur Autoplay video.

Cara Menghemat Paket Data pada Aplikasi Twitter

1. Buka aplikasi twitter
2. Pilih pengaturan privasi
3. Klik Pemakian Data
4. Pilih (centang) video dan gambar atau pilih Video di putar dengan WiFi

Dengan begitu video dan gambar akan muncul berkualiats rendah.

4. YouTube
Kali ini aplikasi Youtube yang sedang populer di tahun ini. bagaiman mungkin? Banyak sekali Youtuber yang bermunculan. Youtuber yang mengisahakan misteri, horor, review, kehidupan sehari-hari, prank dan masih banyak lagi. Bener-bener masa jayanya Youtube. Tahu tidak jika kita mmeutar video dari Youtube akan menghabiskan banyak kuota?

Faktanya memutar video dengan resolusi 480p selama satu jam akan menghabiskan 264 MB. Sedangkan jika 720p (HD) kualitas yang bagus akan menghabiskan 870 MB data dalam sejam, begitu pun dengan 1080p akan menghabiskan 1,65 GB. Wah gimana gak cepet habis paket internetnya, sakali putar video sampai segitu. Nah, buat kamu yang suka banget nonton di Youtube ada trik supaya kuota tidak boros.

Cara menghemat paket data untuk aplikasi Youtube

1. Buka aplikasi Youtube
2. Klik profil pada sudut kanan atas
3. Pilih pengaturan Umum
4. Batasi penggunaan kuota seluler
5. Klik lalu geser ke On

Jadi ketika melakukan streaming video HD hanya lewat WiFi.
Baca juga : 10 Editan Foto Populer Princess Disney
5. Netflik
Siapa yang gemar sekali nonton film di Netflix? Jika iya, inilah penyebabnya kuota internet kamu cepat habis. Sering nonton film series menggunakan koneksi seluler jadinya cepat habis. Jika kamu tidak bisa koneksi ke WiFi saat menggunakan aplikasi Netflix bisa kok untuk menurunkan kualitas video supaya tidak boros kuota.

Cara tidak boros kuota pada aplikasi Netflix

1. Buka aplikasi Netflix
2. Klik timbol 3 baris di bagian kiri atas
3. Pilih pengaturan aplikasi
4. Pilih penggunaan data seluler
5. Matikan set otomatis
6. Lulu, Pilih kualiats streaming sedang atau rendah

Cukup mudah bukan? Kamu bisa nonton sepuasnya di aplikasi Netflix tanpa khawatir menghabiskan kuoat internet. Asalkan mengikuti tips di atas.

Setelah mendengarkan penjelasan tentang aplikasi yang boros kuota. Ada berapa aplikasi yang ada pada di ponselmu. Satu atau semuanya? Wah jika semuanya ada di ponselmu, gak heran jika kuota kamu cepat habis. Coba deh, setting dulu pengaturan pada aplikasi tersebut, supaya gak boros kuota internet. Caranya seperti pada penjelasan di atas. 

Belum ada Komentar untuk "Daftar Aplikasi Boros Kuota, Tanpa Disadari Ada pada Ponselmu"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel