Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati, Ada 7 Kasus Paling Ekstrem Akibat Makanan Pedas



Apa kabar pecinta pedas?

Pada umumnya orang sangat menyukai citara rasa yang satu ini. Yups pedas, tak jarang ketika menyantap yang berkuah atau yang gurih pasti di dampingi dengan penambahan rasa pedas pada makanan. Tapi, ada juga yang tidak suka pedas. Ketika menyantap rasa pedas pasti ada sensasi pedas terbakar dalam mulut. Kenapa bisa begitu? Ada yang tahu? Benar sekali, cabai ini mengandung bahan kimia capsaicin, sehingga ada efek seperti pedas terbakar dalam mulut.



Apa yang kamu rasakan ketika memakan makanan pedas? Selain sensasi yang pedas, ketika makan sesuatu bikin ketagihan terus. Tapi, hati-hati ya buat kamu yang suka makanan pedas berlebihan. Bisa-bisa terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Jangan sampai kita mengonsumsi cabai sampai ke tingkat ekstrem. Dampaknya snagat berbahaya bisa-bisa kamu di rawat ke rumah sakit.

Seperti yang terjadi pada kasus yang paling ekstrim akibat makanan pedas berikut ini.

Kompetisi Makan Pedas Yang Berakibat Fatal

1. Tenggorokan Berlubang
Gambar Ilustrasi

Peristiwa naas ini di alami oleg seorang pria asal Amerika Serikat yang sedang mengikuti kompetisi makanan pedas. Di mulai saat dia mneyantap burger denagan banyak puree cabai bhut jolokia. Bhut Jolokia merupakan cabai terpedas di dunia. Pedasnya melebihi cabai rawit. Cabai jenis ini terkenal dengan sebutan "Ghost Pepper".

Setelah memakan makanan pedas, dinding esofagus pria ini pecah. Mengerikannya lagi sampe mmeberntuk lubang berdiameter 2,5 cm di tenggorokannya. Karena kejadian itu, Pria ini dirawat di rumah sakit hampir satu bulan dan harus bernapas maupun makan lewat selang.

2. Diare Hebat dan Mengalami Tonsilitis
Gambar Ilustrasi
Kali ini terjadi pada seorang pemilik restoran daging di Tiongkok. Aksinya ini di lakukan untu  mempromosikan restorannya. Supaya terkenal ia melakukan salah satu cara yang sangat ekstrem. Hal yang di lakukan dengan cara live di akun sosial medianya dengan meminum minyak cabai dari gelas layaknya air putuh. Akibat dari aksi ini sangat fatal. Dia langsung di rawat di rumah sakit selama sebulan kurang. Akibat dari Diare yang sangat hebat dan Tonsilitis (Amandel).

3. Penyempitan Pembuluh darah
Gambar Ilustrasi

Kejadian ini menimpa pada seorang pria Asal Amaerika Serikat ketika mengikuti kompestisi makan cabai terpedas. Saat kompetisi berlangsung pria ini merasakan sakit kepala yang sangat luar biasa. Akhirnya memutuskan untuk di bawa kerumah sakit. Ternyata akibat karena makan cabai yang pedas. Dia di diagnosa terkena Sindrom Vasokonstriksi Serebral Reversibel (RCVS). Apa itu? Terjadinya pembuluh dara otak yang berkontraksi mengecil karena efek dari makan pedas.

Berdasarka laopran jurnal BMJ Case Report, Untungnya Priai ini mmebaik setelah di rawat beberapa hari di rumah sakit. Dampaknya sangat berbahaya sekali jika pembuluh darah di otak menyempit, karena bisa terkena stroke.

4. Pingsan
Gambar Ilustrasi
Kali ini aksi konyol yang terjadi pada seroang pria asal Inggris. Ide gilanya ini malah berujung malapetaka. Bagaimana bisa ? Vodka Sartan's Shot di cambur dengan cabai terpedas dunia "Carolina Reaper" versi Ginnes World Record". Akibatnya dia harus di larikan ke rumah sakit royal surret County Hospital, Inggris. Kabarnya dia langsung tidak sadarkan diri lho. Wah.. lagian ada-ada saja ya.

5. Kehilangan Pendengaran
Gambar Ilustrasi

Kali ini terjadi pada Pria YouTuber Indonseia. Dia terkenal dengan konten kulinernya. Ceritanya dia ingin membuat konten dengan mencoba salah satu mie yang sedang viral yaitu Mie Abang Adek. Mie Indomei dengan 100 buah cabai rawit lho guys. Hemm berani juga.

Setelah menyantap mienya ia sempat kehilangan pendengarannya kurang lebih 2 menit. Hingga pada akhirnya di memuntahakn semua di pinggir jalan.

6. Kram Perut dan Tidak bisa Kencing
Gambar Ilustrasi

Ada seorang pria yang nekat mengikuti kompetsisi makan Chicken Wings terpedas di dunia. Pedasnya segimana sih? untuk menciptakan rasa pedas dalam kompetisi ini memakai cabai Carolina Reaper untuk bumbunya. Lalu apa yang terjadi? Ethan Rawlinson yang mengikuti kompetisi harus di larikan kerumah sakit karena kram perut dan sakit saat kencing.

7. Meninggal Dunia
Gambar Ilustrasi
Benar-benar terkestrem dan fatal. Awal mulanya Andrew Lee  dan adik kekasihnya membuat Challenge. Siapa yang bisa membuat caus terpedas dan mampu menyantapnya? Kejadian ini terjadi pada tahun 2008. Challenge ini brujung fatal karena beberapa jam setelahnya Andrew meninggal dunia akibat Gagal Jantung. Ia meras tak nyaman dan gatal di punggungnya. Kekasihnya langsung menggaruk punggungnya sampai tertidur. Namun keseokan harinya Dia tak bangun lagi.

Setelah melihat kasus ekstrem karena makan pedas. Kalian jadi berani coba buat makan pedas lagi gak? Jangan sampai peristiiwa yang sebelumnya terulang kembali. Jadikanlah sebuah pelajaran untuk kita. Boleh mengikuti sebuah tantangan tapi harus pandai memilihnya juga. Jangan melakukan hal konyol.

Sebenarnya cabai itu baik lho untuk daya tahan tubuh malahan memiliki zat antikanker. Tapi jangan berlebihan mengonsumsinya. Kalau gak mau senasib yang sama dengan kasus paling ekstrem akibat makanan pedas. Lebih bijaksana lagi dalam memilih makanan yang pedas, agar tidak terkena dampak akibat makanan pedas.