Siap Hadapi Virus Corona Dengan 5 Cara Bersihkan Smartphone dari Kuman dan Bakteri



Cara yang paling ampuh untuk membersihkan smartphone dari kumanmaupun bakteri hanya dengan air dan sabun saja.

Seperti yang telah di ketahui WHO virus corona atau COVID 19 telah menginfeksi 153.648 orang di sleuruh dunia dengan angka kematian 5.746 per 16 Maret 2020. Kini virus corona menjadi pendemi di bebragai negara.

Sedangkan di inidonesia virus corona telah menjangkit 1285 orang 114 yang meninggal Senin (30/3/20). Pekan lalu pemerintah menetapkan pendemi virus corona sebagai bencana Nasional.
WHO menjelaskan jika virus ini dapat menyebar dengan begitu cepat. Cara penyebaran virus corona misalnya orang yang terinveksi virus corona bisa menyebarkan virus ke orang lain bisa melalui udara, sentuhan dan media yang lain. Misalnya orang terinveksi virus ini,batuk atau bersin maka secara otomatis virus akan menyebar. Ada juga penyebaran yang terjadi secara tidak langsung misalnya saar droplets jatuh ke benda yang ada di sekitar seperti smartphone dan tidak sengaja tersentuh.

Jika sudah seperti itu, yang paling dikhawatirkan adalah orang yang menyentuh smarthphone tersebut. Tanpa mencuci tangan dulu, langsung menyentuh hidung, mata atau mulut. Setuasi seperti ini mmeungkinkna terjadi penyebaran virus corana, jika tak segera membersihkan tangan sebelum menyentuh anggota tubuh tersebut.

Menurut penelitian Tahun 2016 Info Business Insider, bahwa orang menyentuh ponsel sebanyak 2.627 kali dalam 24 jam. Angka ini meruapakan jumlah normal untuk pengguna ponsel. Sedangkan penngguna berat mencapai 5.427 kali dalam sehari. Jadi, pengguna normal di hitung per menit 145 kali sedangkan pengguna berat 225 kali.

Angka tersebut untuk tingkat intensitas dalam menyentuh ponsel yang di lakukan oleh pemilik ponsel. Jadi, tidak termasuk dengan orang lain yang menyentuh ponsel tersebut.
Semakin mewabahnya virus corona salah satu cara yang ditekankan adalah pecegahan dan waspada. Ponsel merupakan benda yang paling sering di sentuh orang. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membersikan secara rutin untuk berjaga-jaga.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dari Dr. Lena Ciric ahli mikrobiologi dari Universitas College London untuk membersihkan ponsel dari bakteri dan kuman yang paling efektif.
  1.  Keluarkan Hp dari case atau silikon HP jika memakainya.
  2. Tuangkan sabun cair atau jel seckupnya ke HP di agian depan dan belakang, Jika memakai Case atau silikon bersihkan juga
  3. Usap dengan kain lembab perlahan-lahan, ulangi jika perlu
  4. Usahakan untuk hati-hati dalam mengusapnya. Meskipun dengan fiturwater resistant bisa rusak jika kena air.
  5. Lalu, keringkan HP dengan kain Mikrofiber

Dr. Lena mengatakan bahwa jika membersihkan ponsel dengan cairan kimia bisa nerusak hardware seperti panel atau proteksi laya HP. Apakah cara ini yang paling efektif?

Dalam penelitiannya perangkat hyiena bacteria tester menemukan penurunan aktvitas mikroba  dalam satuan (RLU). Untuk penelitian yang kedua kalinya hasil RLU menurun signifikan. Untuk HP  dengan case tingkat Relative Lights Units (RLU) mencapai 345 setelah di bersihkan menjadi 18. Sedangkan pada case 92 menjadi 2 RLU.

Namun tingkat RLU tergantung pada pengguna HP saat di bersihkan. Dr. Lena telah melakukan penelitian pada 6 HP da hasilnya berbeda semua. Itulah solusi untuk mencegah penyebran virus corona dalam situasi seperti ini. Apalagi yang habis beraktivitas di luar rumah, bahkan dari rumah sakit atau klinik. Cara membersihkan HP setidaknya bisa menghilangkan sedikit kekhawatiran di tengah pendemi COVID-19. Jangan lupa untuk terus mencuci tangan juga.

Belum ada Komentar untuk "Siap Hadapi Virus Corona Dengan 5 Cara Bersihkan Smartphone dari Kuman dan Bakteri"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel