Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan SMA/SMK, Simak Yuk Peluangnya

Kelulusan di bangku sekolah menengah atas SMA/SMK/MA langkah awal untuk kamu berjuang. Kerena tidak semuanya langsung melanjutkan studinya ke perguruan tinggi ternama. Kebanyakan dari lulusan baru ini memutuskan untuk bekerja. Lalu bagaimana cara cepat dapat pekerjaan?

Perlu di ketahui setiap tahunnya angka kelulusan, belum bekerja, baru resign semakin bertambah. Sehingga mau tidak mau harus bersaing. Kenapa bisa begitu? karena banyaknya tenaga kerja tapi jumlah lapangan kerja yang kurang. Peluang untuk lulusan SMA/SMK pun jadi terbatas dan bersaing ketat. Sehingga mencari pekerjaan sesuai dengan kelulusan sulit di dapatkan bahkan banyak lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian saat di sekolah.

Mau tidak mau setelah lulus sekolah SMA/SMK harus menempuh untuk membantu perekonomian keluarga atau bekerja untuk melanjutkan ke perguruan tinggi supaya lebih baik lagi. Untuk adik-adik yang baru lulus SMA/SMK ada sedikit cara untuk cepat mendapatkan pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Langsung saja yuk simak.

Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan SMA/SMK


1. Bertanya pada alumni yang sudah bekerja
Cara ini paling mudah, kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari alumni. Asalkan kamu sering bertanya pada alumni sekolah yang sudah bekerja. Karena peluang untuk mengetau lowongan kerja di tempatnya bekerja cukup besar. Wah penting banget nih, langsung cari deh informasi kontak alumni sekolah yang sudah bekerja.

Baca juga:Cara Jitu Dapat Pekerjaan Dengan Cepat

2. Mengikuti event job fair
Pada event Job Fair ini kamu bisa menemukan berbagai macam perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. sehingga kamu bisa melamara pekerjaan lebih dari satu perusahaan. Di acara event ini kamu harus membawa CV dan pas foto dan persyaratan yang lainnya. Membawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin. Perlu di ingat lagi carilah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu dan bisa mengembangkan bakat.

3. Mencari iformasi lowongan kerja di Internet

Perkembangan teknologi semkain maju sehingga lebih mempermudah kamu untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Tapi, kamu juga harus berhati-hati ya soalnya sudah marak sekali penipuan. Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja di grup akun sosmed seperti facebook, Instagram, Twitter dan situs pencari kerja seperti Jobstreet, Job.id, karir.com dan yang lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Agar Cepat di Terima Kerja 

4. Mengikuti Walk In Interview
Apa sih walk in interview? maksudnya kamu bisa melamar langsung pekerjaan sesuai dengan posisi yang di butuhkan perusahaan langsung datang ke tempat yang sesuai informasi langsung ke tahap wawancara pada hari itu juga. Kamu juga di wajibkan membawa berkas lamaran pekerjaaan yang lengkap. Usahakan jangan telat datang untuk walk in interview. Karena di sini HRD bisa menilai kedisplinan kamu.


Baca juga: Kesalahan Tak Disadari Di Lakukan Fresh Graduate Saat Kerja


5. Ikut bursa kerja legal
Apabila di tempat tinggal kamu ada bursa kerja, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari informasi lowongan pekerjaan. Karena lebih aman untuk informasi yang di dapatkan. Sehingga kamu juga akan terhindar dari resiko penipuan lowongan kerja. Jangan sampai kamu malah mendapatkan kerugian.

Jadi, itulah cara cepat dapat kerja untuk lulusan SMA/SMK yang bisa dilakukan. Saran buat lulusan baru jangan mencari gaji yang besar dulu, cari pengalaman, mengasah keterampilan dan wawasan. Jika kemampuan kamu sudah di layak di gaji besar barulah maju ke depan. 


Jika ada lowongan pekerjaan, terus setelah interview di mintai sejumlah uang Fix itu penipuan. Semangat terus jangan pernah menyerah.  Sekarang ini banyak sekali peluang pekerjaan di bidang Food & Baverage dan E-Commerce. Jadi, saran asahlah keterampilan mu di bidang ini. Peluang besar adanya lowongan pekerjaan ada pada bidang tersebut. Terakhir selalu berdoa dan ikhtiar.