Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja saat Pandemi Corona Covid-19

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental  Remaja saat Pandemi Corona Covid-19
Brindil.com - Virus corona covid-19 seperti yang kita ketahui sudah berjalan sebulan lebih, banyak masyarakat yang merasa sangat di rugikan oleh virus yang satu ini.



Virus corona membuat anjloknya perekonomian global, hampir di seluruh dunia banyak sekali yang terkena dampaknya hal ini membuat beberapa orang mengalami stres atau banyak pikiran karena situasi yang gini-gini aja tanpa adanya perubahan dan belum adanya titik terang.

Banyak dari masyarakat yang mengalami perubahan hidup karena merasa takut, cemas, terisolasi bahkan kecewa dengan covid-19 ini.

Dengan datangnya virus corona di dunia ini para anak muda yang harusnya mendapatkan moment-moment belajar dan kebahagian di sekolah kini  merasa kehilangan moment penting di dalam hidupnya yang mungkin gak akan ia dapatkan lagi.

Oleh karena itu DR. Lisa Damour seorang psikolog menjelaskan beberapa hal yang bisa menjaga kesehatan mental anak muda di saat pandemi virus covid-19.


1. Cari aktifitas lain
Dalam situasi sulit seperti saat ini jangan pernah merasa cemas dan banyak pikiran, cobalah mencari aktifitas lain untuk pengalihan situasi diri misalnya jika kamu sedang merasa stress jangan di pikirkan dan cobalah menonton film, mendengar musik, membaca novel atau bermain game agar apa yang kamu pikirkan sebelumnya menjadi lebih baik.


2. Saling berkomunikasi
Jaman sekarang alat komunikasi udah cukup canggih, walaupun tidak bertemu kalian masih bisa melakukan video call ke orang yang ingin kalian hubungi,  melakukan komunikasi menggunakan whatsapp, hangouts, instagram ataupun facebook bisa menjadi pilihan yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa jenuh efek di rumah aja.

Karena hal ini bisa berbahaya untuk anak maka orang tua sebaiknya memberikan batasan kepada anaknya untuk tidak selalu bermain gadgetnya sepanjang hari.

3. Fokus dengan diri sendiri
Untuk menghilangkan rasa cemas yang ada di dalam diri kita sebaiknya kamu perlu fokus dengan dirimu sendiri, tidak memikirkan sesuatu yang berat, membaca buku, memainkan alat musik bisa membantu menjaga kesehatan diri agar bisa tetap fokus.

4. Kurangi rasa sedih
Setiap orang memahami perasaan yang sedang di alaminya, merasa sedih di saat pandemi covid-19 ini hanya akan memperburuk kondisi tubuhmu dan tubuhmu akan lebih rentan terkena virus karena sistem imun orang sedih cenderung lebih lemah loh.

5. Berlatih dan jangan lupa belajar di rumah

Momentum belajar di sekolah emang tidak ada duanya karena di sana siswa dan siswi mendapatkan ilmu yang di kasih guru secara detail dan mudah di pahami, namun apa jadinya jika moment tersebut hilang dan di gantikan oleh sekolah online? menurutku sekolah online tanpa praktek akan cenderung payah karena pada umumnya sekolah yang memberikan praktek akan membuat siswanya semakin cerdas dan itung-itung untuk bekal siswa di masa depannya nanti, oleh karena itu berlatih dan terus belajar sangatlah penting unduk mendapatkan apa yang kamu inginkan.


Akhir kata
Walaupun sekarang para murid di rumahkan aja hal ini membuat banyak dari mereka yang kehilangan moment berharganya dan harus bisa lebih mandiri untuk mendapatkan pengetahuan umum secara lebih terbuka.

Beberapa factor di atas perlu kalian pahami untuk mencegah mentalmu drop dan gak gampang sakit, selain itu kamu perlu mengkonsumsi vitamin dan memakan-makanan yang bergizi agar tubuhmu bisa selalu sehat.

Dirumah aja emang ngebosenin tapi jika di rumah aja bisa menghindari kamu dan keluarga terkena covid-19 kok masih ngeyel gak betah di rumah ? hayo ngaku kalian masih keluyuran di jalan gak nih hehe.