Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game Luar yang Terinspirasi dengan Budaya Indonesia, Keren Banget!


Game saat ini terus berkembang, banyak berbagai game yang bermunculan. Game juga salah satu produk yang di penuhi oleh produk luar. Negara kita sendiri tidak mau kalah saing sehingga ada beberapa game yang di buat dalam negeri, meskipun kualitas dan jumlahnya belum bisa di sandingkan dengan game asal luar negeri.



Tapi, dibalik berkembanganya game ternyata Indonesia banyak memberikan kesan tersendiri bagi pembuat video game. Hal ini terbukti ada beberapa game yang terkenal yang menampilkan tempat dan budaya Indonesia. Tidak bisa di pungkiri lagi karena budaya Indonesia yang beragam dan unik banyak orang yang terinspirasi. Bisa jadi Indonesia akan semakin terkenal di kancah Internasional.

Gak heran jika orang luar membuat game terinspirasi dari budaya Indonesia, karena Indonesia itu benar-benar kaya akan budaya. Ya setiap provinsi dan daerah memiliki cirinya masing-masing. Gak bisa ngebayangin deh jika membuat game seperti Mobile Lagends atau pertarungan mengambil beberapa tokoh yang kuat dalam cerita legenda atau yang lainnya. Penasarankan game apa saja yang terinspirasi budaya indonesia? Yuk simak penjelasan mengenai game berikut ini

Game yang terinspirasi dari Budaya Indonesia

1. Mobile lagends

Siapa yang belum tau game Mobile legends? Wah kebangetan nih kalau belum tau game yang satu ini. Ada dua karakter yang menjadi topik perbincangan di game mobile yang satu ini. Kok bisa sih? karena ada dua karakter mobile lagends yang terinspirasi dari indonesia, yaitu manusia super dari jawa yaitu Gatotkaca yang menjadi bagian dari line-up karakte Mobile Character dan Karakter Nyi oro Kidul sang penguasa ratu pantai selatan. Menurut kamu mirip gak nih dengan tokoh yang aslinya dari Indonesia?

2. Arena of Valor

Nah, game ini sih satu dua dengan mobile legends. Banyak sekali pengguna game ini. AOF kini mengahdirkan karakter dari film legendari di Indonesia. Siapa ya? Yaitu Wiro Sableng. Karakter ini betugas untuk ujung tombak dan bagian penerjang pertama.

3. Civilization VI

Game Civilization VI merupakan game simulasi strategi yang berkaitan dengan peradaban manusia. Versi dwonloadable content-nya bertemakan khusus pearadaban Indonesia dengan judul Khmer and Indonesian Civilization & Scenario Pack. Dalam game ini menceritakan tentang peradaban kerjaan tebesar Indonesia yaitu di pulau jawa seperti majapahit, yang bisa kamu mainkan.

4. Takken Tag Tournament 2

Game yang satu ini benar butuh kejelian dan kecepatan mata, bisa di bilang susah, karena game fighting bergerak sangat cepat dan terus berganti tema di layarnya. Ada salah satu stage yang bisa kamu lihat background yang muncul yaitu wayang kulit di iringi dengan lagu tecno kombinasi gamelan.

5. Tom Clancy's Splinter cell: Pandora Tomorrow

Dalam game ini mengisahkan Sam Fisher yang harus menangkap dan emmbasmi kelompok yang bernama Darah dan Doa di Timor timur. Kelompok ini di pimpin oeh Suhadi Sadono untuk menngkapnya, kemudian Fisher datang ke Indonesia. Salah satu tempak yang di kunjungi adalah Pulau Komodo. Berita ini sempat viral jika game ini menyebutka nama Indonesia

Nah, itulah game yang mengusung unsur budaya Indonesia. Apakah kamu juga pernah memainkan game tersebut? Gimana pengalaman bermain game ketemu dengan karakter tokoh dan budaya yang ada di Indonesia? Merasa bangga atau aneh? Pastinya bangga dong, karena budaya di Indonesia sudah banyak yang melirik betapa unik dan beragamnya Indonesia. Ini juga harus menjadi contoh nih buat pembuat game yang ada di Indonesia. Untuk mempromosikan sekaligus menjadi ciri khas. Ya biar anak cucu kita semakin mengenal budaya sendiri tanpa harus melirik budaya yang lain. Melestarikan budaya Indonesia.