Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Usaha Lokal Modal Kecil Untung Besar, 1 Jutaan Aja !

Trend untuk menjadi seorang pengusaha saat ini sudah menjadi mindset banyak orang terutama bagi mereka yang memiliki modal lebih dan mereka berani memulai usahanya sendiri dari usaha kecil hingga usaha besar yang memiliki keuntungan yang lebih baik.

Ada beberapa contoh usaha modal kecil dengan keuntungan besar yang mungkin bisa kamu coba misalnya usaha di bidang kuliner, teknologi, pakaian dan masih banyak lagi.

Contoh usaha kecil-kecilan misalnya kamu bisa membuka warung atau membuka dagangan anak-anak yang bisa di jajakan di rumah, usaha di bidang ini biasanya di lakukan oleh orang-orang yang memiliki tempat strategis misalnya dekat dengan sekolah ataupun memiliki rumah maupun kontrakan yang cukup ramai.

Pada pembahasan kali ini aku mau bahas tentang bisnis atau usaha dengan modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar, gak perlu lama-lama lagi langsung aja masuk ke pembahasan.

Ide usaha lokal modal 1 jutaan untuk besar
Ide usaha lokal modal 1 jutaan untuk besar

Usaha modal kecil bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar
Pada dasarnya setiap orang yang berusaha akan memulai usahanya dari nol terutama bagi mereka yang hanya memiliki modal minim untuk membuka usahanya tersebut.

Merintis usaha memulainya dari usaha sampingan hingga menjadi usaha yang bisa mendatangkan laba besar, banyak sekali peluang usaha yang bisa di lakukan untuk mencari untung.

Peluang bisnis terbuka sangat lebar dengan modal 1 jutaan aja bisa menjadi pembuka pintu rezeki, Banyaknya peluang usaha dan ide bisnis yang bisa di lakukan hanya dengan modal usaha1 jutaan.

Pada kesempatan kali ini aku udah siapin 5 rekomendasi usaha yang bisa kamu lakukan tentunya usaha modal kecil yang bisa di coba di rumah.


1.Bisnis Makanan Cemilan

Bisnis makanan yang satu ini targetnya untuk anak-anak dan bisa juga untuk orang dewasa.

Selain rasanya yang cukup enak biasanya menjual makanan cemilan banyak di cari oleh para penikmat kuliner, khususnya bagi mereka yang mencari jajanan unik.

Kamu bisa menciptakan sebuah inovasi baru membentuk produk yang mungkin buat orang lain penasaran.

Baca juga: Sukses bangun usaha bareng teman
Sebagai contoh kecil kamu ingin membuat usaha dengan berbahan baku singkong, makanan berbahan baku ini pada umumnya sangat di sukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Misalnya kamu membeli 10 Kg singkong yang per kilonya sekitar 5000-10.000 Rupiah aja, jadi intinya jika kamu membeli bahan-bahan lainnya seperti minyak, garam dan bumbu lainnya paling cuma 150.000 hingaa 300.000 aja intinya gak sampe 1 jutaan.

Jika kamu masih sekolah kamu bisa menjajakan produkmu tersebut ke kelas, kantin maupun koperasi yang ada di lingkungan sekolah, jika kamu seorang karyawan mungkin aja kamu mau menawarkan produkmu ke rekan kerjamu itu sobat.


2. Menjual menu sarapan pagi di rumah
Pagi hari adalah waktu yang cukup sibuk bagi karwan kantor, anak sekolah dan anak kostan.

Biasanya untuk berangkat kerja maupun berangkat sekolah mereka gak mungkin banget untuk membuat sarapan pagi sendiri karena beberapa faktor yang mungkin aja terjadi misalnya bangun kesiangan, gak bisa masak dan gak ada waktu untuk mempersiapkan itu semua.

Pentingnya pagi hari untuk memakan sarapan pagi dengan makanan yang layak untuk di konsumsi, Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa kamu sajikan untuk orang-orang tersebut.

Karena sifatnya urgent menurut aku pribadi bisnis menjual menu sarapan merupakan peluang usaha yang cukup potensial, karena setiap orang yang harus berangkat ke kantor maupun ke sekolah pasti membutuhkan sarapan.

Kamu bisa menawarkan beberapa produk yang layak makan bikin kenyang tapi tidak terlalu mengeyangkan karena jika orang merasa kenyang sekali di waktu pagi maka orang tersebut akan merasa ngantuk, Untuk usahanya kamu bisa mencoba menjual gorengan, nasi kuning, lontong sayur, nasi uduk, ketoprak, bubur ayam, sandwich.

Produk makanan untuk sarapan biasanya cukup simpel dan mudah di dapatkan selain itu harganya relatif tidak terlalu mahal sehingga kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang "worth it" agar orang tersebut mau mampir lagi dan sarapan dengan menu yang kamu buat tadi hehe.

3. Dropship online shop
Pasti kamu pernah melihat iklan di media sosial tentang aplikasi dropship, menurut aku pribadi yang sudah mencoba mengeluarkan uang untuk membayar akun tersebut cukup merasa menyesal, karena pada umumnya dropship bisa kita lakukan secara manual sob.

Bisnis yang satu ini sebenarnya bisa sekali di lakukan tanpa menggunakan modal awal dan tentunya cukup menguntungkan bagi para penggunanya.

Drop and ship apa sih artinya?
Bisnis drop ship merupakan bisnis menaruh barang orang lain di market place atau online shop yang kita miliki dengan cara mengambilnya di toko orang lain namun berbeda toko online, contohnya kamu ingin menjual produk yang di jual di tokopedia dan menguploadnya kembali di shoppe.

Tanpa modal dan tanpa harus beli terlebih dahulu, memang betul dropship bisa di lakukan tanpa harus membeli suatu produk terlebih dahul karena kamu bisa memajang produk orang lain dan menunggu pesanan setelah itu kamu bisa membeli produk serupa di toko orang lain lalu mengirimnya ke pembeli.

Cara ini memang cukup di rekomendasikan untuk pembisnis pemula namun tantangan terbesar kamu harus sabar dan tentunya saingan kamu untuk melakukan drop n ship ini udah banyak banget.

Mencari supplier terpercaya dan fast respon adalah kunci utama untuk menjalankan bisnis dropship ini karena dengan begitu maka reputasi tokomu akan tetap terjaga di mata para konsumenmu.

4. Jual masker dan hand sanitizer
Pada musim virus corona saat ini jual beli masker  dan hand sanitizer adalah bisnis yang paling menguntungkan terutama jika kamu memiliki stok masker yang banyak bisa kamu jual dengan harga yang berkali-kali lipat lebih tinggi karena sudah terbukti banyaknya kebutuhan masker membuat harga masker semakin meningkat pesat, untuk meminimalisir hal tersebut kamu bisa belajar menjahit dan berusaha untuk membuat masker kain agar bisa menjual produk masker dengan harga yang lebih murah lagi.

Selain itu kebutuhan akan hand sanitizer membuat produk yang satu ini semakin banyak di minati dan di cari-cari, jika kamu punya channel yang menjualnya dengan harga yang murah kamu bisa menawarkan produk yang satu ini dengan harga yang lebih miring di bandingkan yang orang lain jual.

5. Toko kelontong
Toko kelontong menjadi banyak di minati oleh masyarakat yang akan berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, karena musibah covid-19 membuat banyak orang takut untuk berbelanja ke supermarket dan memutuskan untuk belanja di toko kelontong atau warung yang ada di sekitar rumahnya aja.
toko kelontong bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu membuka usaha karena menurut aku pribadi membuka toko kelontong bisa banget dengan modal minim dan bisa mendapatkan hasil yang cukup menguntungkan.

Nah itu dia artikel tentang "5 Ide Usaha Lokal Modal Kecil Untung Besar, 1 Jutaan Aja !" jika kamu punya ide bisnis menarik lainnya bisa sharing di kolom komentar ya sob.