7 Tips Aman Mencuci Pakain yang Benar Untuk Cegah Virus Corona


Menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Apalagi dalam situasi seperti ini, sangat di anjurkan untuk lebih meningkatkan dalam menjaga kebersihan pribadi sejak munculnya Covid-19. Terus bagaimana dengan pakain sehari-hari yang kita pakai untuk beraktivitas? Apakah virus corana bisa menempel di baju?  Adakah cara khusus untuk mencuci pakaian?


Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukan jika virus corona bisa bertahan hidup di berbagai permukaan, salah satunya pada pakaian yang kamu kenakan saat berativitas di luar rumah. Hal ini menyebabkan kita harus lebih berhati-hati dalam membersihkan pakaian. Memperhatikan kebersihan langsung mencuci selesai di gunakan sangat penting. Untuk menghentikan penularan virus dari pakian ke orang. Membersihkan hanya di bagian permukaan saja tidak cukup.

Apabila kamu pergi keluar rumah dalam waktu lama, dengan kondisi tempat yang di kunjungi ramai banyak orang berkumpul, alangkah baiknya lebih cepat mencuci baju daripada menunda. Hal ini berlaku untuk pakaian yang mungkin bersentuhan dengan permukaan keras, yang memungkinkan virus bertahan untuk lebih lama. Bagaimana tips aman mencuci baju selama pendemi Covid-19 ?

 Tips Aman Mencuci Pakain yang Benar Untuk Cegah Virus Corona


1. Mencuci baju menggunakan air panas
Jika memungkinkan baju yang kamu kenakan di tempat ramai dan lama di luar cucilah dengan menggunakan air panas dengan suhu di ats 80 derajat fahrenheit atau 26 derajat celsius dapat membunuh virus corona. Tapi kamu juga harus memperhantikan apakah baju yang di cuci dengan air pana bisa rusak atau tidak.

2. Menggunakan deterjen dengan kandungan pemutih
Untuk mencuci bajau gunakan deterjen yang ada kandungan pemutunya. Virus corona memiliki semcam selubung (enveloped virus) dengan lapisan lemak. Ia tak akan hilang ahanya dengan air biasa. Mencuci menggunakan deterjen ini bisa efektif melepaskan virus corona di lapisan pakain.


3. Mencuci baju dengan rutin
Mewabahnya virus coroan ini sebaiknya jangan menumpuk pakaian koto. Selepas dari luar baik itu kerja, di tempat ramai maupun naik transportasi umum segeralah mencuci baju. Karena dalam beraktivitas pasti baju yang kamu pakai bersentuhan dengan fasilitas publik.

4. Gunakan mesin cuci dan pengering
Mencuci baju dengan tangan di perbolehkan menggunakan mesin cuci dan pengering sangat di anjurkan,. Mencucui dengan mesin cuci lebih aman daripada menggunakan tangan yang bersentuhan langsung dengan pakain. Jika menggunan mesin cuci lalu di keringkan, biasanya droplet dan virus akan mengering dan tidak aktif lagi.

5. Memisahkan pakai orang sakit

Jika di rumah ada orang yang sakit, sebaiknya jangan campurkan pakaian kotor dengan orang yang sakit dengan sehat. Pakaian orang sakit bisa berpotensi aa virus yang melekat sepeti staph, flu, E.coli dan bisa jadi vrius corona.

6. Semprotkan disinfektan terlebih dulu
Untuk mencuci dengan mensin cuci, CDC menyarankan untuk emneganakan sarung tangan supaya menghindari menyentuh wajah secara langsng. Kemudian mendisnifeksi permukanan mesin cuci yang di pakai. Terus jangan lupa untuk mencuci tangan.

7. Jangan mencuci di tempat umum
Dalam situasi seperti ini mencuci baju di tempat umum beresiko untuk penyabaran virus dann bakteru. Sebaiknya kamu tidak mencuci baju di jasa cuci baju. Lebih baik mencucinya sendiri agar lebih aman.

Nah itu dia tips mencuci pakaian di saat pendemi covid-19. Sebaiknya memperhatikan prosedur kebersihan dalam mencegah penyebaran virus corona. Semoga tips mencuci baju ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jangan terlalu panik untuk menghadapi situsi virus corona ini. Terus ikuti saran yang di berikan badan kesehatan dunia seperti WHO maupun pemerintah.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Aman Mencuci Pakain yang Benar Untuk Cegah Virus Corona"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel