Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paling Sederhana Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Sudah tak aneh lagi untuk karyawan menghabiskan sebagian waktunya dalam satu hari untuk perusahaan. Apapun itu, mulai dari jarak tempat kerja yang jauh akan di tempuh. Makanya pekerja menganggap jika tempat kerja itu sudah menjadi bagian rumah kedua. Oleh karena itu pekerja harus bisa membuat suasana kantor menjadi nyaman.
Cukup sederhana dan paling simple ini dia cara membangun hubungan baik dengan rekan kerja itu sangat penting di lakukan. Karena hubungan baik dengan rekan kerja sangat berpengaruh terhdap kinerja Anda saat berada di lingkungan kerja. Anda akan selalu bertemu dengan rekan kerja secara langsung. Kadang saat kamu membutuhkan atau tidak paham, pasti akan memerlukan bantuan dari tekan kerja untuk mencari solusi.

Menjalin hubungan yang baik dengan kerja kerja sangat bagus untuk meningkatkan performa kerja tim, karena hubungan yang baik inilah yang menajdi pemicunya. Jadi, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting. Tapi, untuk mencipatakan hal seperti ini tidaklah mudah, karena Anda harus memahami sifat atau karakter masing-masing patner kerja. Alangkah baiknya untuk mencari cara bagaiana untuk berkomunikasi dengan baik bersama rekan kerja. Berikut ini cara untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja.

Cara Paling Sederhana Membangun Hubungan yang Baik dengan Teman Kerja
Membangun hubungan baik dengan rekan kerja


1. Senyum, Salam dan Sapa

Ternyata yang di ajarkan semasa di bangku sekolah ini bermanfaat juga ketika berada di lingkungan kerja. Jadi, sikap yang satu ini sangat mudah untuk di lakukan. Karena kamu sudah terbiasa sejak dini. Pastinya saat bertemu dengan rekan kerja kamu harus melakukan "Senyum, Salam dan Sapa". Bersikap ramah pada semua dan jangan pasang wajah jutek ya!

2. Memahami Kepribadian Rekan Kerja

Saat kamu memulai percakapan dan pendekatan pada rekan kerja pastinya haru tau tentang kepribadiannya. Jika sudah mengetahui kepribadiannya maka kamu akan mudah untuk melakukan pendekatannya. Untuk tahu kepribadian rekan kerja, kamu bisa mengamatinya dari jauh perihal kebiasaan yang sering di lakukan saat berkomunkasi satu sama lain.

3. Respon Cepat Pada Rekan Kerja

Biasanya nih, rekan kerja akan sering menghubungimu entah itu di bidang pekerjaan atau yang lainnya. Sebisa mungkin kamu membalas pesan dari rekan kerja, dan mengangkat telepon dari mereka. Jangan sampai kamu memberikan kesan yang seolah menganggap mereka nggak penting. Solidaritas, jangan kacangin. Nggak enak kan kalau di kacangin?

4. Membangun Kepercayaan

Dimanapun dan dalam kondisi apapun kamu harus jujur. Selain kejujuran kamu juga harus membangun saling percaya sehingga bisa terjalin dengan baik. Jangan sampai kamu berbohong di saat situasi yang memaksakan. Jika ketahuan bohong, tau kan resikonya? rekan kerja kamu tidak akan percaya lagi dengan omongan kamu, meskipun suatu saat kamu berkata jujur. Jika kamu tidak paham tentang pekerjaan, jangan malu untuk bertanya pada rekan kerja.
Baca juga: 10 Merk Coklat Batangan yang Enak dan Berkualitas



5. Membanru Rekan Kerja

Membantu rekan kerja juga sangat bagus efeknya lho. Kamu akan menambah pengalaman sekaligus wawasan. Belum lagi saat kamu butuh bantuan, maka dengan senang hati mereka akan membantumu dengan sepenuh hati. Di sini kamu harus berlajar peka juga ya, jiaka adan rekan kerja yang terlihat sedang kerepotan atau butuh bantuan, jangan sungkan untuk menawarkan bantuan padanya.



6. Menghormati Rekan Kerja

Di lingkungan kerja pasti kamu akan bertemu dengan berbagai tipe orang. Belajarlah dengan orang lain yang sudah berpengalaman bagiamana bersikap pada orang di sekitar kantor. Jadi, dengan bertanya kamu akan lebih cepat paham tipe orang yang di kantor. Jangan lupa kamu juga harus menghromati rekan kerja sehingga terhindari dari konflik di lingkungan kerja.
Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja saat Pandemi Corona Covid-19

7. Menjaga Komunikasi

Karakteristik rekan kerja di lingkugan kerjamu pasti berbeda. Jadi kamu harus pandai untuk mengethaui bagaimana carai berkomunikasi yang baik dan efektid sesuai dengan karakter, latar belakang dan budaya. Karena kebiasaan seseroang itu berbeda. Jadi, dengan gaya bicara mu yang seperti apapun tidak menyinggung perasaan rekan kerja.

8. Menjadi Pengdengar yang Baik
Setiap orang pasti memiliki masalah di lingkungan kerja atau pribadi. Jika suatu saaat ada rekan kerjamu yang ingin curhat atau meminta bantu jadilah pendengar yang baik. Berikanlah solusi jika kamu punya ide untuk memecahkan masalahnya. Jika rekan kerja sudah memberikan kepercayaan padamu, jangan pernah menceritakan yang barusan pada orang lan untuk menjaga privasi rekan kerja.

9. Jangan Mengeluh Tentang Pekerjaan

Perlu kamu ketahui setiap orang itu punya kesulitan masing-masing di bidang pekerjaannya. Jangan sampai kamu setiap hari mengeluh tentang pekerjaanmu dengan rekan kerja. Lama kelamaan rekan kerja merasa terganggu dengan keluhanmu. Jika tidak bisa, lebih baik bertanya. Kamu boleh mengeluh atau bercerita soal kesulitan dalam bekerja, tapi sampaikan dengan cara yang baik dan sehat. Intinya sih jangan sering bahas keluhan yang sama dengan rekan kerja.
Baca juga:20 Contoh Model Make Up Painting Face Keren dan kreative Untuk Hijabbers

10. Pemberian Apresiasi

Hal ini sangat penting! tidak ada salahnya kamu mengucapkan terimakasih pada rekan kerja yang telah membantu kamu. Kamu juga bisa mengungkapakan kesanangan atas di ikutsertakan kamu dalam sebuah proyek dan memuji hasil yang di peroleh berkat kerja tim. Dengan bergitu rekan kerja sangat senang bekerjasama denganmu, karena merasa di hargai atas pencapainnya bersama.

Nah, itulah cara membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja yang bisa kamu lakukan di lingkungan kerja. Lakukanlah semua cara menjalin hubungan dengan rekan kerja. dengan tulus tanpa ada unsur paksaan. Jadi, menjalin hubugan yang baik dan positif dengan  rekan kerja, bsa meningkatkan kualiat kerj tim, produktivitas di kantor. Selamat mencoba ya!