Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Dirumah Dengan Bahan Alami

Akhir-akhir ini walaupun himbauan untuk bercuci tangan lebih baik dibandingkan menggunakan hand sanitizer tapi masih banyak juga masyarakat yang bersikeras untuk mendapatkan hands sanitizer walauapun harganya yang cukup mahal namun masih laku juga di pasaran.

Hand sanitizer mengalami kelonjakan daya pesan dari masyarakat setelah munculnya virus covid-19 khususnya di Indonesia, karena daya pesan yang tinggi membuat harga hand sanitizer pun melonjak luar biasa hampir 300%nya dari yang tadinya hanya 90 ribu per liter bisa sampai 300 ribu perliter oleh karena itu banyak masyarakat yang mencari supplier atau penjual hand sanitizer murah.

Walaupun who sudah memberitahu masyarakat tentang anjuran mencuci tangan menggunakan sabun sudah sangat efektif untuk mengurangi kemungkinan kamu terkena dampak corona.

Pada postingan kali ini aku akan memberi tips cara mudah membuat hand sanitizer di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah kamu temukan di warung.

Untuk tutorial lengkapnya kamu bisa menonton video youtube tentang cara pembuatan cairan antivirus hand sanitizer di kanal youtube karena sudah banyak juga yang menguploadnya di sana. Untuk mengatasi virus covid-19 dan kamu  lagi butuh banget hand sanitizer karena kerjaan kamu mungkin di lapangan atau jauh dari sumber air sehingga tidak bisa setiap saat untuk mencuci tangan menggunakan sabun, ini dia cara praktis untuk membuat hand sanitizer sendiri yang bisa di coba oleh siapapun dengan mudah tanpa harus membelinya.


Cara mudah membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami


Cuka Putih
cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami cuka


Bahan yang satu ini mudah di dapatkan di warung, cuka biasanya di gunakan untuk formula pembersih yang mampu menghilangkan karat dan melarutkan residu serta bisa membuat bau menjadi lebih netral.

Cuka sangat ramah lingkungan karena tidak beracun dan tidak memiliki bau yang sangat menyengat cuka juga memiliki kemampuan terurai sekaligus hal ini membuat cuka sangat bagus di gunakan untuk membuat hand sanitizer.

Peneliti juga sudah meneliti cuka karena cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa membunuh bakteri dan bisa menjadi bahan alami untuk membuat disinfektan yang cukup efektif.
Baca juga :Rumah sakit corona versi minecraft
Cara membuat hand sanitizer dengan cuka: campurkan cuka dengan isopropil alkohol serta colloidal setelah itu campur dengan air dan aduk merata dan tempatkan ke dalam botol spray, cukup mudah kan?

Lidah Buaya

cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami lidah buaya
 
Tanaman berduri ini bisa di temukan di pekarangan rumah ataupun minta sama tetangga yang senang mengkoleksi tanaman hias, tanaman ajaib ini bisa mengobati luka bakar dan iritasi pada kulit.
Baca juga :Cara mencegah virus corona
Selain itu lidah buaya dapat menjaga kulit kamu tetap lembab dan lembut, gel lidah buaya ini bisa di campurkan dengan cairan disinfektan yang nantinya kamu olah menjadi cairan hand sanitizer secara alami karena efek dari lidah buaya ini membuat gelnya tidak lengket sehingga cocok sekali untuk di semprotkan ke kulit.


Cara membuat hand sanitizer dengan lidah buaya: tambahkan lemon atau daun jeruk untuk menambahkan aroma wanginya. Langkah pertama kupas lidah buaya dan peras lemon dan aduk rata bisa menggunakan belender untuk tekstur yang lebih halus setelah itu saring ke dalam wadah yang telah di siapkan lalu ambil ekstraknya tambahkan air dan masukan kedalam botol spray.

Minyak atsiri
cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami minyak atsiri

Bahan alami berikutnya ada minyak atiri yang bisa di gunakan untuk membuat cairan hand sanitizer.

minyak atsiri sudah di gunakan selama bertahun-tahun tentunya di gunakan untuk mediator pengobatan dari berbagai jenis penyakit dan infeksi.
Baca juga: Bersihkan smartphone dengan cairan hand sanitizer
Kandungan dalam minyak atisiri ini sungguh luar biasa karena memiliki anti bakteri, anti jamur, antimikroba sehingga sangat bagus di gunakan untuk bahan alami pembuatan hand sanitizer.

Untuk membuat hand sanitizer menggunakan minyak atisiri: siapkan 150ml lidah buaya, 15 tetes minyak atsiri, 150 ml cuka tambahkan satu sendok makan isopropil alkohol dan jangan lupa colloidal. setelah bahan tersedia dengan sempurna campurkan bahan sampai rata lalu siapkan botol spray untuk media penyimpanan hand sanitizer hand made yang telah kamu buat.

Lemon

Buah yang satu ini sangat mudah di temukan kalian bisa membelinya di pasar, supermarket ataupun warung. Ternyata lemon bisa di gunakan untuk membuat hand sanitizer secara alami loh, karena lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, kandungan asam ini bisa membunuh bakter dan membuat tangan kamu menjadi lebih lembut dan cerah serta tentunya menjadi lebih fresh dengan wangi lemon.


Cara membuat hand sanitizer dengan lemon ini tergolong cukup mudah pertama kamu hanya perlu memeras lemon dan tambahkan air secukupnya setelah itu siapkan botol spray untuk media penyimpanannya, kamu juga bisa menambahkan lidah buaya agar  lebih halus di tangan.

Daun Sirih 

hand sanitizer daun sirih

Mungkin kamu hanya tau kalo daun sirih ini bisa di gunakan untuk membersihkan gigi dan gusi aja, ternyata manfaat dari daun sirih ini sungguh luar biasa loh karena bisa menghilangkan bakteri dan bisa di jadikan sebagai bahan antiseptik yang cukup efektif.




Cara membua hand sanitizer menggunakan daun sirih: Pertama kamu perlu merebus daun sirih dan kulit rambutan dan ambil ekstraknya secara terpisah. Setelah itu campur keduanya dan tambahkan air secukupnya. Untuk tekstur yang lebih lembut bisa kamu tambahkan lidah buaya dan minyak zaitun kedalamnya.


Itu dia cara mudah yang bisa kamu coba di rumah untuk membuat hand sanitizer dengan mudah sendiri tanpa harus membelinya, tutorial lengkapnya bisa kamu tonton di kanal youtube tentang bagaimana cara membuat hand sanitizer dengan mudah menggunakan bahan alami. Karena bahannya alami jadi tidak sulit untuk di temukan pastinya ada di sekitar kamu, jadi lebih hemat untuk mengatasi wabah covid-19 ini tanpa harus mengeluarkan budget lebih kan, tapi jangan lupa untuk mencuci tangan ya karena menggunakan hand sanitizer aja gak cukup untuk membunuh virus corona loh.

Semoga cara membuat hand sanitzer menggunakan bahan alami ini bisa bermanfaat untuk kalian di rumah dan keluarga yang sangat membutuhkan hand sanitizer, jaga diri dan selalu berhati-hati agar kalian tidak terkena corona virus jangan lupa untuk selalu di rumah aja hingga wabah ini berakhir di negri kita tercinta.