Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta 8 Sayuran Dapat Meningkatkan Imunitas Tangkal Covid-19

Sayuran yang dapat meningkatkan imunitas
Sayuran yang dapat meningkatkan imunitas
Cara meningkatkan imunitas tubuh itu sangat pentin dan perlu kita lakukan. kerana tubuh memerlukan perlindungan dari ancaman vrius maupun bakteri yang sewaktu-wktu meryerang kesehatan.
Salah satunya virus corona yang sedang viral karena semakin naik setiap hari. Seperti yang telah di ketahui WHO mengimbau untuk mencegah penyebaran virus corona dengan cara mencuuci tangan, menjaga jarak (Social Distancing), Olahraga dan istirahat yang cukup guna menurunkan resiko terpapar Covid-19.


Tetapi ada yang harus di persiapkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapai situasi pendemi ini. Misalnyna minum vitamin dan suplemen. Hal tersebut tidaklah cukup untuk menjaga kekebalan tubuh, harus di imbangi dengan pola makan yang sehat  supaya lebih meningkatkan sistem imun di tubuh. Alangkah baiknya jika kita meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi sayuran yang bisa meningktakan kekebalan tubuh.

Ada berbagai jenis sayuran yang memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karena kekebalan tubuh kita miliki berasal dari apa yang kita konsumsi. Oleh sebab itu di anjurkan untuk mengonsusmi sayuran. Lalu apas sajakah sajakah sayuran yang meningkatkan imunitas dalam tubuh kita?

Banyak penelitian yang menemukan sayuran tertentu yang bisa meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berikut ini sayuran yang meningkatkan imunitas pada tubuh.

Macam-macam Sayuran yang Bisa Meningkatkan Imunitas 

Sayuran sehat memiliki nutrisi tinggi bisa membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh suapya lebih kuat dalam mencegah virus dan bakteri masuk ke tubuh kita. Berikut ini jenis sayuran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

1. Buncis
Sayuran buncis terdapat kandungan protian dan nutrisi yang penting yang terbuat dari asam amino berfungsu utnuk membantuk menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh. Berdasarkan informasi dari Academy Of Nutrition and Dietetics, buncis sangat bagu dalam mensintesis dan memelihara enzim untuk melindungi sistem supaya berfungsi dengan baik. Selain itu, buncis bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mengendaikan dan mengaturs sistem kekebalan tubuh.

2. Brokoli
Sayuranbrokoli kaya akan vitamin C dan Vitamin E sekaligus sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan bakteri dan virus. Menurut NIH setengah cangkir brokoli terdpat 43% vitamin C harian. Brokoli mengandung phytochemical dan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Caranya memakan mentah atau setengah matang.

3. Paprika Merah
Paprika merah kaya akan vitamin C. Satu cangkir papiraka merah cincang mngandung skitar 211% vitamin C. Studi National Institutes of Health (NIH) jika vitamin C berkontribusi untuk mempertahankan kekebalan tubuh dengan fungsi sel shingga bisa mnurunkan risiko infeksi pernapasan dan pertumbuhan serta perbaikan jaringan tubuh

4. Jamur
Jamur mrupakan sumbr vitamin D yang bisa meningkatkan penyebaran kalsium baik untuk kesehatan tulang, kanker dan pernapasan. Caranya dengan memanggang jamur dengan 350 drajat Fahrenheit dngan dua sendok makan minyak, bawang putih dan sdikit garam, mrica

5. Bayam
Sayur bayam mngandung vitamin C dan penuh antioksidan yang bisa melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan lingkungan. Selain itu memiliki beta karoten sumber makanan utama vitamin A yang berfungsi untuk kkbalan tubuh.

Untuk mengkonsumsi bayam sedikit dimasak. Kamu bisa mencampurnya dalam smoothie, tumis dengan bawanga putih.

6. Bunga Kol
Bunga Kol sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sayuran ini mengandung glutahione. snyawa ini brfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari flu. Karena glutathione bisa membuang virus yang ada di dalam tubuh.

7. Wortel
wortel terkenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi. selain itu wortel di percaya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. kandungan beta karoten yang ada pada wortel bisa memerangi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih tinggi.

8. Pakcoy
Sayuran pakcoy memiliki kandungan selenium tinggi. kandungan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dengan merangsang produk sel-T dan membunuh bakteri ataupun virus yang bisa mengancam tubuh. Pakcoy kaya vitamin C dan zat antoksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Nah, itulah sayuran yang bisa meningkatkan imunitas melawan covid-19. Dalam situasi seperti ini kamu harus menjaga pola makan. Perbanyak makan sayuran yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah terserang bakteri maupun virus. Jika informasi ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan untuk teman, sahabat maupun keluarga. Supaya sama-sama menjaga kesehatan tubuh tidak mudah sakit karna virus maupun bakteri