Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Stamina Tubuh dengan 15 Makanan Mengandung Zinc


Zinc adalah salah satu jenis mineral yang berperan penting untuk menjaga stamina tubuh  yang sangat bagus untuk tubuh. Menagapa mengonsumsi makanan yang mengandung zinc itu sangat penting? Karena dalam menjaga kesehatan tubuh di perlukan adanya mineral.


Manfaatnya ada pada semua jaringan tubuh yang du perlukan untuk proses pembelahan sel yang sehat dan bertindak sebagai antioksidan, melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuan. Selain itu bisa meningkatkan kesuburan khussunya pada pria untuk menjaga kuantitas dan kualitas sperma dan menjaga kesehatan retina mata.

Menurut World Health Organization (WHO), banyak orang di belaha dunia yang mungkin memiliki kadar zinc tidak mencukupi dalam makanan yang di konsumsinya. Kebutuhan zinc untuk setiap individu itu berbeda, tergantung pada jenis kelamin dan usianya. Nah, berikut ini data kebutuhan zinc berdasarkan jenis kelamin dan usia.

  • Anak usia 7 bulan - 3 tahun : 3 mg/perhari
  • Anak usia 4-8 tahun ; 5 mg/hari
  • Anak usia 9-13 tahun ; 8 mg/ hari
  • Perempuan 14-18 tahun ; 9 mg/hari
  • Laki-laki di atas 14 tahun ; 11 mg/hari
  • Perempuan 19 tahun ke atas ; 8 mg/hari
  • Ibu hamil : 11-12 mg/hari
  • Ibu menyusui : 12-13 mg/hari

Sudah tahu kan kebutuhan zinc yang di butuhkan dalam tubuh? Nah berikut ini makanan yang mengandung zinc supaya kebutuhan akan zinc terpenuhi setiap harinya.


Daftar Makanan Mengandung Zinc


1. Telur
Kamu pasti pernah makan telur? di masak dadar, mata sapi atau dengan olahan yang lainnya? Nah telur ini ternyata mengandung zinc lhi yang berguna untuk menjaga stamina tubuh. Dalam satu butir telur mengandung 5 % dari kebutuhan harian Zinc untuk tubuh kita. Telur mengandung 5g lema baik, 6g protein dan 77 kalori.

2, Cokelat hitam
Ini makanan manis favorit kita. Cemilian manis ini mengandung zinc dan kandungan kalori yang cbesar. Dalam 100g cokelat hitam terdapat 3,3mg zinc. Selain itu bisa sebagai antioksidan seperti flavonoid, polifeno; dan katekin jumlah tinggi.

3. Susu

Susu juga mengandung zinc, selain itu sangat mudah di serap pelh tubuh. Susu memiliki kandungan ntrisi yang bagus untuk kesahatan tulang yaitu kalsium, protein dan vitamin D.

4. Daging merah
Katanya mengonsumsi daging merah itu bisa membahayakan kesehatan. Tapi itu salah ya, dalam 100g daing merah megandung 4,8mg zinc. Daging merah mengandung protein, asam linoleat, vitamin B12, dan asalam lemak omega 3.

5. Biji wijen
Biji wijen banyak mengandung Zinc. Dalam 100 g terkadnung 7,8 g zinc. Biji-bijian ini meruapakan sumber fitosterol yang berkhasiat dalam menurunkan kada kolesterol jahat dalam darah. Selain itu bisa meurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, melindungi radiasi.

6. Tiram
Tiram salah satu makanan padat nutrisi yang merupakan sumber zinc yang tinggi. Untuk ukuran per enam timar mengandung 178% nilai zinc dan vitamin B12 yang besar, tembaga, selenium dan omega-3

7. Buncis
Buncis mengandung karbohidaray kompleks yang bisa di cerna tubuh secara perlahan kemudian di gunakan sebagai energi. Bunics juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan berat badan.

8. Udang
Seefod yang satu ini mengandung zinc. Dari 100 gram udang terkandung 1,34 zinc dan 85 kalori. Selain itu memiliki kandungan protein tinggi, kaya akan asam amino.

9. Salmon

Salom makanan seafood paling favorit, Ikan dengan harga yang cukup maha ini memiliki banyak nutrisi dan mineral penting. Seperti zinc, kalium vitamin B12, seleneium, asam lemak, omega-3 yang berbperan besar untuk kesehatan tubuh.

10. Kacang tanah
Kacang tanah sering di oleh menjadi cemilan gurih maupun manis. Kacang tanah merupakan seumber makanan yang mengandung zinc. Dalam 100 grma kacang tana terdapa 3,27 mg zinc dan 318 kalori. Selain itu juga bagus untuk menjaga kesesahat kulit karena sarat vitamin E, riboflavin dan vitamin B.

11. Kacang polong
Kacang polong juga mengansung zinc yang cukup banyak. Kacang polong memiliki kadar lemak, kolesterol dan sodium renda. Kacang plolong mengandung lutein yaitu senyaka antioksidan yang bisa mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak.

12. Kacang merah
Kacang merah salah satu sumber zinc terbaik. Biasanya kacang merah menjadi bahan campuran sayuran seperti sop. Kadang juga untuk campuran rendang dan es yang bisa meningkatkan energi dan rasa kenyang karena kandunga serat yang tinggi.

13. Bayam
Sayur bayam banyak mengandung nutrisi dan mineril penting termasuk zinc. Mengandung alpha-lipoic senyawa antioksidan. Bisa menurunkan kadar gula darah dan mampu mencegah stres aksidatif terutama penderita diabetes.

14. Jamur
Jamur sering kali di konsumsi banyak orang. Tumbuhan yag satu ini kaya akan protein dan rendah kalori. Selain itu terdapat zinc, zat besi. Jamur juga memiliki senyawa yang berbama germanium yang berfungsi meningkatkan efisiensi oksige dalam tubuh dan menjaga sistem imunitas.

15. Almond
Kacang Almond banyakmengandung antioksidan yang bisa mengatasi stres dan memeprlambat penuan. Dalam 100 gram kacang almond terdapat sekitar 3 mg zinc.

Nah, itulah sumber makanan yang mengandung zinc. Pilihlah sesuai dengan selera makanan yang kamu mau sebagai sumber zinc dalam tubuh. Jangan sampai tubuh kita kekurangan zinc, akrena bisa berdampak serius untuk kesehatan.