Tips Masak Sayuran Agar Tetap Cantik dan Nutrisinya Tidak hilang


Makanan merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pemilihan makanan yang tepat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina. Selain itu bisa memenuhi kebutuhan serat untuk kesehatan sistem pencernaan. Salah satu jenis makanan yang di rekomendasiakan yaitu sayuran.

Kebanyakan dari kita memasak sayuran hijau. Tapi, saat memasak kadang muncul promblem entah itu terlalu matang, berubah jadi cokelat. Ya ini sering terjadi jika  memasak sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan yang lainnya. Selain gizinya berkuruang tampilan makanan menjadi kurang menarik. Makan pun jadi tidak berselera.

Sebenarnya tidak sulit lho untuk cara masak sayuran hijau tetap cantik dan sehat. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya sayuran tidak kehilangan gizi atau nutrisianya saat di masak.

Lalu, bagaiman sih tips yang benar memasak sayuran hijau agar tetap cantik dan nutrisinya tidak hilang? Berikut tips mengolah sayuran yang benar.

Cara Masak Sayuran Agar Tetap Cantik dan Bergizi

1. Memilih sayuran segar

Sebelum kamu memasak haru cek dulu kondisi sayuran. Caranya memperhatikan kesegaran sayuran. Hindari pemakaian sayuran hijau yang sudah di simpan lama dalam kulkas.

2. Mengetahui cara memasak setiap sayuran


Kamu harus tahu memasak semua jenis sayuran yang baik. Jadi bisa tau perbedaan memasak sayuran. Termasuk memeperhatikan tingkat kematangan sayuran yang mudah matang dengan yang tidak. Hal ini akan menjaga warna sayuran tetap cantik dan menjaga kandungan gizi sayuran tidak berkurang.

3. Merebus sayurang dengan benar

Jika kamu sedang merebus sayuran jangan terlalu lama. Karena akan merusak nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk merebuh sayuran ada tekniknya juga lho, suapya sayuran tetap cantik. Misalnya sayuran hijau seperti kangkung, sawi dan pokcoy yang harus di rebus dengan panci tertutup, langsung angkat saat sayuran mulai layu. Sedangkan untuk sayuran seperti daun singkong harus di rebus dalam panci terbuka supaya zat warna cokelat bisa menguap.

4. Menambahkan garam saat merebus


Apabila kamu ingin merebus sayuran hijau berilah sedikit garam. Supaya bisa menajaga warna pada sayuran tetap cantik dan rasa pada sayuran. Perlu di ingat, memasukan sayuran saat air sudah mendidih.

5. Perhatikan waktu Memasak


Memperhatikan waktu memasak sangat penting. Pastikan saat memasak tidak terlalu lama. Jika terlalu lama makan akan lembek dan warnapun berubah. Nutrisi dalam sayuran juga akan hilang. Kamu hanya perlu 2-3 menit saja untu memasak sayur.

6. Jangan panaskan sayur

Jika kamu ingin memasak sayur alangkah baik secukupnya sesuai dengan porsi yang ada atau jumlah keluarga. Jadi, apabila tdak habis tidak ada tradisi memanaskan sayuran yang sudah matang. Lebih baik habis, masak lagi supaya nutrisi sayuran tetap ada. Pastinya tidak mubazir benarkan ?

7. Pakailah minyak zaitun saat menumis

Jika kamu tertarik untuk menumis sayuran hijau, sebagai pengganti minyak goreng bisa dengan minyak zaitun.  Kenapa harus pakai minyak zaitun? Karena bisa menjaga nutrisi sayuran hijau. Sayuran sehat , tumisan sayuran tetap cantik. Kamu hanya perlu memasak sayuran sebentar sebelum layu, kemudian langsung di sajaikan pada piring saji.

Nah itulah cara masak sayuran agar tetap cantik dan bernutrisi. Mudah sekali bukan masak sayuran hijau supaya tetap cantik? Silahkan mencoba untuk memasak sayuran hijau yang sehat dan lezat, serta tampilan yang cantik. Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang cara masak sayuran yang benar pada sahabat maupun keluarga. Jika ada tambahan mengenai cara tersebut silahkan tulis di komentar.

Belum ada Komentar untuk "Tips Masak Sayuran Agar Tetap Cantik dan Nutrisinya Tidak hilang"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel