Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Potret Dampak Lockdown Terhadap Polusi Udara dan Pencemaran Lingkungan di Dunia

efek lockdwon di lingkungan
Pendemi Virus Corona membuat seluruh masyarakat di duni menjadi panik dan waspada adanya bahaya virus ini. Virus Corona sangat cepat menyebar, hanya dengan sentuhan atau dekat dengan orang yang sedang terkena infeksi virus corona kemungkinan besar akan tertular jika imunitas di tubuh lemah.

Oleh karena itu sejumlah negara menerapkan Lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin luas. Misalanya pada perusahaan dan kantor memberlakukan kebiajkan kerja di rumah dan  jaga jarak.

Sehingga banyak orang yang mengurangi aktivitas di luar rumah. Tapi adanya peristiwa ini ada hal positinya yaitu bekurangnya polusi udara dan pencemaran air. Sepertinya bumi sedang sakit makanya perlu istirahat. Berikut ini bebrapa potret dampak lockdown di berbagai negara terhadap polusi udara dan pencemaran sungai.

Potret Dampak Lockdown Terhadap Polusi Udara dan Pencemaran Lingkungan di Dunia


1. Italia Bebas dari Polusi Udara
efek lockdwon di lingkungan

Efek mengenai lockdown di Italia mengalami penuruanan emisi nitrogen dioksida selama dua setenga bulan pertama 2020. Kini Italian jadi bebas polusi. Hal ini berdasarkan pada data yang di kumpulkan dari satelit Copernicus Santinel-5P. Stelit ini berfungs untuk mengawasai polusi udara astmosfer. Perununan polusi udara di karenakn kegiatan lalu lintas dan industri berkurang. Kebanyakan tingga di rumah.

2. Langit Biru Di Jakarta
efek lockdwon di lingkungan

Semenjak adanya peraturan pemerintah tentanng kebijakan Work From Home (WFH) pada 16 Maret dan menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) pada 10 April, polusi udara di Jakarta perlahan turun.

3. Himalaya Terlihat adari Jauh Pertama Sejak 30 Tahun
efek lockdwon di lingkungan

Adanya peraturan lockdown di India telah berhasil menurunkan polusi udara, sehingga masyarakat India bisa melihat Himalaya dari jauh dengan jaran 200km untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Keren banget dan menakjubkan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Fenomena ini menjadi buah bibir oleh masyarakat di Distrik Jalandhar Punjab India, bahkan di dunia.

4. Sungai Yamuna New Delhi Tak Lagi Tercemar

efek lockdwon di lingkungan
New Delhi terkenal sebagai kota paling kotor di dunia. Salah satunya di sungai Yamuna terkenal dengan pencermarann samoah, limbah cair dan busa yang menyelimuti permukaan air. Tapi adanya pendemi ini, membuat Yamuuna jauh lebih baik dari dua tahun belakang. Inilah potret terbaru sunga Yamana.

5. Perbaikan Kualitas Udara di Milan
efek lockdwon di lingkungan

Milan sakah satu kota denga tingkat polusi tertinggi di Eropa di tahun 2008. Asap dari kendaraan menjadi masalah di kota ini. Adanya aturan lockdown, sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di Milan yang menurun drastis. Adanya kejadian ini pemerintah di Milan akan membuat program untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi setelah virus corona beres.

6. Polusi Udara di India Menurun

efek lockdwon di lingkungan
Polusi udara di India menurun di saat adanya peraturan Lockdwon. Bisa diliat dari potret India Gate War Memorial di Now Delhi tahun 2019 di bandingan tahun 2020. Terlihat sangat berbeda. Hanya dalam kurun waktu 21 hari New Delhi bisa menikmati Udara bersih dari tahun yang sebelumnya

7. Kanal Vanesia Lebih Jernih dan bersih
efek lockdwon di lingkungan

Semenjak berlakukanya Locdown di Italia, Venesia kini menjadi sepi, padahal tempat ini menjadi wisata yang paling di padati pengunjung. Tapi, dari hal tersbut membuat perairan Di Venesia menjadi lebih bersih dan jernih, mundul penampangkan binatang seperti ubur-ubur, lumba-lumba dan angsa. Tak hanya itu saja kini rumput dan ikan kecil terlihat sangat jelas dari pada sebelumnya

8. Kualitas Udara Membaik di Inggris
efek lockdwon di lingkungan

Semenjak berlakunya Lockdown tingkat polusi udara di Inggris menurun dalam semenjak adanya virus corona. Nitrogen di oksida turun hampir  40% . Karena sudah jarang sekali kendaraan yang berkativitas selama masa lockdwon.

9. Efek Positif Polusi Udara di Hongkong.
efek lockdwon di lingkungan

Di Hongkong juga mengalami perubahan positif pada lingkungan. Karena adanya kebijakan lockdwon membuat plusi udara di Hong Kong turun sepertiganya sejak Januari-Februari. Misalnya oad polutan partikel halus PM2.5 tuurn 32%.

10. Pegunungan Sanbriel Terihat Sangat Indah
efek lockdwon di lingkungan

Kota Los Angeles, California sangat populer dengan kabut asap dan lalu lintas yang macet. Akan tetepai tanggal 14 April 2-2- terliat pengunungan San Gabriel yang membuat kota ini jadi indah. Efek dari polusi menurun di Kota Los Angeles.

Nah itu dia 10 potret dampak locdown terhadap polusi udara dan pencemaran lingkungan. Semoga keindahan ini tetap lestari dan polusi udara bertahan terus menurun. Begitupun pencemaran lingkungan. Cukup sampai di sini ya penjelasannya, jangan lupa untuk terus ikuti Brindil.com supaya bisa update informasi terbarunya dan website terus berkembang.