Saat Marah, Coba 15 Cara Ini Untuk Mengontrol Emosi Yang Berlebihan


Setiap orang memiliki emosi, baik itu emosi positif atau negatif. Emosi positif itu seperti perasaan sennag, sedangkan emosi negatid emosi yang buru seperti perasaan sedih, marah dan takut. Kemudian tingkat emosi setiap orang berbeda-beda. Jika emosi berlebihan bisa memengaruhi tindakan yang akan di lakukan. Kamu harus tahu cara mengendalikan emosi supaya tidak masalah semakin sulit untuk di pecahkan.

Jika kamu terus emosi maka kegiatan yang di lakukan juga jadi kurang bersemangat. Karena kamu sering tidak bisa mengontrol emosi jadi hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik. Jika kamu terus menahan emosi justru akan membuat kamu semakin stress dan akan emosi berlebihan sengingga menyebabkan kerrugian. Misalnya dalam hal pekerjaan, berinteraksi dan berpikir bahkan hal yang lebih fatal.

Emosi juga bisa datang kapan saja. Kadang kita juga cepat terpancing emosi dengan yang kecil yang seharusnya tidak membuat emosi. Lalu bagimana cara megendalikan emosi?

Pengertian Emosi
Emosi merupakan suatu reaksi yang dimiliki oleh seorang yang timbul dari dalam diri yang di sebabkan oleh rangsagan baik dari dalam diri sendiri atau orang lain. Emosi berkaitan dengan dengan kondisi psikologis, perilaku dan suasana hati. Bagiaman cara mengontrol emosi negatif? Berikut ini cara mengontrol emosi dengan mudah.

Cara Mengontrol Emosi yang Berlebihan

1. Buang Pikiran Buruk
Jika kamu saat ini sedang banyak masalah, maka otak akan cinderung terus memikirkan permasalahan tersebut untuk menemukan solusinya. Cobalah untuk berhenti sejenak memikirkan permasalahny asuapya tidak muncul reaksi negatid. Memang akan sulit, tapi ini demi kebaiknamu untuk mencoba melupakan sesaat supaya kamu bisa berpikir dengan jernih dan lebih rileks.

2. Mencoba Diam
Salah satu cara untuk mengnedalikan emosi dengan cara berdiam. Jika kondisi kamu sedang emosi marah, justru akan mengeluarkan kata-kata yang bisa menyakiti persaan orang lain. Bahkan bisa memperparah keadaan. Lebih baik diam dan memberikan waktu untuk meredam emosi pada diri sendiri.

3. Menenangkan Diri
Jika emosi melanda yang harsu kamu lakukan adalah untuk berpikir lebih tenang supaya kamu bisa berbpikir secara logis dan menemukan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah. Tarik napas, lalu keluarkan secara perlahan untuk menurunkan emosimu. Kemudian mencoba mengalihkan pikiran supaya lebih tenang dan rileks.

4. Mencoba Berlapang Dada
Cara untuk mengendalikan emosi berikutnya berlapang dada. Apapun masalah yang sedang kamu hadapi, sesulit apapun itu kamu harus bangkit untuk membuktikan baik-baik saja. Teruslah berusaha untuk memperbaikinya sehingga ke depannya tidak bermasalah.

5. Mencoba untuk Mengalah
Jika kamu punya masalah dengan pasangan atau rekan kerja, sahabat mencobalha untuk mengalah. Sekalipun kamu benar. Emosi terjadi karena keduanya tidak bisa menahan ego. Maka dari itu mengalahlah. Mengalah bisa menemukan jalan keluar dari permasalahan.

6. Curhat pada Orang Terpercaya
Jika kamu punya masalah bisa menceritakannya pada orang yang di percaya. Siapa tahu bisa meredamkan emosimu dan mendapatkan solusi. Dengan curhat kamu akan merasa lebih lega. Jika masalah terlalu berat dan membuatmu stress bisa datang ke jasa psikiater untuk memberikan solusi seklaigus terapi yang lebih profesional.

7. Menyibukan dengan Hobi
Emosi merupakan perasaan yang di miliki seseorang terhadap reaksi alami atas suatu peristiwa. Tapi, kebanyakan orang meluapkan emosi negatif. Untuk meredakan emosi ini kamu coba mengalihkannya dengan melakukan kegiatan yang di sukai. Misalnya dengan hobi menyanyis, bermain alat musik dan yang laiinya. Melakukan kegiatan yang di sukai bisa membuat kamu lebih rileks.

8. Mengubah Situasi

Emosi itu perasaan yang cepat datang dan pergi. Untuk itu kamu harus bisa mengatasi supaya tidak berlarut dalam emosi. Salah satunya dengan mengendaikan emosi dnegan mengubah situasi. Misalnya dengan duduk santai sambil menyadarkan kamu untuk tidak emosi atau berlarut dalam kemarahan. Jika kamu sudah mulai tidak mengontrol emosi carilah udara segar, untuk egalihkan emosi negatif.

9. Melihat Sudut Pandang yang Lain

Emosi merupakan ungkapan perasaam yang normal terhdap hal yang negatif. Oleh sebab itu kamu harus mengubah pola pikir kamu. Berhentilah untuk berandai-andai tentang hal buruk yang akan terjadi, bangkitlah untuk ke arah yang lebih positif.

10. Introspeksi Diri
Satiap permasalahan kamu harsu melakukan intropeksi diri. Bukan sepenuhnya menyalahkan orang lain. Coba untuk mengamati permasalahan yang sedang terhadai. Jangan pernah takut untuk mengakui kesalahanmu. Jujur jauh lebih baik dari pada harus menyimpannya. Jika tidak jujur suatu hari nnati akan kena batunya.

11. Memaafkan
Jika ada suatu kesalahan yang terjadi pada orang lain sehingga membuatmu marah. Orang tersebut meminta maad, maka maadkanlah karena itu adalah yang yang mulai. Memaafkan mereka akan membuatmu untuk tidak terus memikirkan masalah tersebut dan hidup akan tenang.

12. Membaca
Membaca buku menjadi solusi kamu untuk menahan emosi. Mengalihkan pikiran dengan cara membaca buku bisa meredakan emosi. Kamu bisa membaca buku tentang koemdi, lucu, motivasi yang membuat pikiran jauh lebih tenang.

13. Makan
Memakan makanan favorit bisa juga meredam emosi kamu. Jika kamu sedang marah, sedih cobalah untuk pergi ke restoran yang kamu sukai dan nyaman tempatnya. Dengan begitu kamu akan jauh lebih rileks, karena sedang makan makanan yang di sukai.

14. Spa
Spa bisa meredam emosi negatifmu. Kamu akan jauh lebih rileks dan senang. karena kamu sedang menikmati sentuhan pijitan di badan. sehingga mebuatmu melupakan rasa sedih dan marah.

15. Yoga
Saat ini emosi kamu tidak stabil, coba deh dengan melalukan olahraga yoga paling cocok untuk mengontrol emosi. Karena gerakn yoga bisa membantu pernafasan, membuat kamu nyaman, mengurangi stress dan merileks kan badan.

Nah itu dia 15 cara mengendalikan emosi berlebihan yang bisa kamu lakukan. Meski sangat sulit, cobalah untuk berusaha semampunya supaya tidak terus terjebak dalam sisi negatif dari permasalahannya. Perlu kamu ingat ya jika emosi berlebihan itu tidak baik untuk diri kamu dan orang lain. Kamu harus mengendalikan emosi agar tidak terjadi hal buruk.

Belum ada Komentar untuk "Saat Marah, Coba 15 Cara Ini Untuk Mengontrol Emosi Yang Berlebihan"

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel brindil.com, Jika berkenan silahkan berikan komentar terbaikmu untuk artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel