Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan Ideal Setelah Melahirkan yang Aman dan Menyehatkan

Hamil bisa membuat seorang wanita mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis hal ini di karena bunda memperlukan nutrisi untuk sang anak di dalam perutnya tapi karena hal ini terkadang membuat sang bunda menjadi tidak percaya diri dan kuatir akan kesehatan yang di milikinya.

Perioritas utama sang bunda setelah melahirkan buah hatinya tentu menjaga dan merawatnya sekaligus memastikan kesehatan dan asupan makanan yang bergisi di masa menyusui, Tenang bun setelah masa ini kalian bisa kok mengembalikan rasa percaya diri untuk mengembalikan bentuh tubuh ideal yang dulu pernah kalian miliki sebelum hamil.

mengembalikan tubuh ideal setelah melahirkan
mengembalikan tubuh ideal setelah melahirkan
Brindil punya 14 tips yang bisa membantu bunda menurunkan berat badan ideal setelah melahirkan tentunya cara ini aman dan menyehatkan lho.


10 Tips Ampuh Untuk Mengembalikan Berat Badan Ideal Setelah Melahirkan

1. Tak perlu diet
Setelah bundah melahirkan sang buah hati tercinta gak usah kuatir akan bentuk badan bunda yang berubah drastis ya, utamakan kesehatan sang bayi terlebih dahulu untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Diet justru bisa membuat bunda nantinya kesulitan untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti semula.

Cara yang paling mudah untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil coba bunda makan makanan yang bergizi tapi rendah lemak dan kolestrol namun memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi.

2. Makan banyak makanan bergizi
Makanan bergizi sangat baik di konsumsi oleh bunda yang baru melahirkan karena dengan makanan bergizi bisa membantu bunda mendapatkan nutrisi yang pas untuk sang bayi.

Makan seperti ikan salmon yang banyak menganduh DHA dan asam lemak omega 4 itu sangat baik untuk perkembangan bayi bunda.
3. Makan cemilian yang baik
Kalo bunda udah bosen makan, coba cari cemilian yang ga bisa bikin bunda gendut dan bisa menjaga kesehatan bunda.

4. Banyak minum air putih
Banyak minum air putih itu bagus banget untuk kesehatan tubuh lho, banyak minum juga bisa mengurangi rasa lapar dan dehidrasi yang terjadi di dalam tubuh, tubuh akan lebih lambaat membakar kalori oleh karena itu bunda harus lebih sering minum air putih ya minimal segelas air setelah bunda menyusui bayinya.

5. Susui bayi anda
Susui bayi bunda ternyata sama dengan 1 sesi berolahraga lho, selain baik untuk kesehatan menyusui juga bisa mengecilkan lingkar pinggang seperti bunda sebelum hamil.

Menyusui bisa membakar ratusan kalori yang ada di dalam tubuh oleh karena itu jangan lupa untuk terus menyusui anaknya ya bunda.


6. Bergerak
Gak perlu pergi ke Gym nih bunda, karena dengan mendorong bayi di stroller keliling komplek aja udah bisa membantu bunda menurunkan berat badan secara lebih optimal sambil nyari udaha segar nih.

selain itu dengan bergerak bisa membantu tubuh bunda menjad lebih kuat dan energi untuk beraktivitas menjadi lebih tinggi, cukup dengan meluangkan waktu sebanyak 30 menit selama 5 minggu bunda bisa melihat perbedaannya setelah melahirkan dan setelah aktivitas ini.

7. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup bisa membantu metabolisme di dalam tubuh menjadi sangat bagus lho, kurang tidur bisa membuat badanmu akan mengalami kenaikan berat badan. seperti yang sudah di teliti bahwa tidur 5 jam atau kurang itu bisa meningkatkan peluang naiknya berat badan.

8. Makan dengan porsi kecil
Kalo habis melahirkan mungkin hawa napsu untuk makan akan terasa amat menggoda oleh karena itu jika bunda pengen makan coba deh dengan prosi yang kecil, walaupun kecil tapi sering mungkin bisa mengurangi kadar kolestrol dan juga jangan lupa memilih makanan dengan kadar lemak yang rendah  ya.

9. Sabar
Menurunkan berat badan setelah melahirkan itu butuh proses ya bunda, sebaiknya kalo bunda habis melahirkan jangan banyak-banyak dulu untuk menurunkan berat badannya, target cukup 2 kg perminggu masih masuk akal dan masih bisa membantu bunda menjaga kesehatanmu.

10. Cari bantuan
Jika bunda udah stuk dan bingung gimana lagi caranya untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, bunda bisa mencari bantuan atau mencari dukungan untuk menurunkan berat badan setelah hamil.

Mungkin kalo di lakukan sendiri rasanya akan terasa amat berat, siapa tau aja jika di dukung oleh orang lain bunda bisa melakukannya dengan lebih nyaman.

11. Kelola Stres
Tantangan selanjutnya setelah melahirkan adalah merawat bayi, karena merawat bayi bisa membuat bunda stres lho, oleh karena itu hal ini bisa memperlambat berat badan bunda turun apa lagi jika bunda makannya banyak, wah bakal susah kurus lagi nih.

Kalo bunda udah stres nantinya bisa mendorong rasa napsu untuk memakan makanan manis, berlembak dan berkolestrol tinggi hal ini bisa sangat berbahaya.  Stres juga bisa membuat hormon tubuh bunda menjadi lebih lambat membakar lemak.

Makanya untuk menghindari hal itu bunda harus mengurangi rasa stres ya bund.

12. Rutin Berolahraga
Untuk mempercepat menurunkan berat badan setelah melahirkan bunda juga bisa olahraga secara teratur.

Tanpa bunda sadari rutin berolahraga setiap hari bisa membantu bunda membakar kalori yang ada di dalam tubuh, owh ia bunda tau gak nih kalo menyusui juga hal itu setara dengan satu kali sesi olhraga lho.

Bunda bisa melakukan olahraga di rumah dengan cara pemanasan selama 5 menit melakukan perengganan pada bagian bahu, kepala dan kaki.

13. Terapkan Pola Makan Sehat
Setelah melahirkan pasti berat badan akan naik dengan drastis, oleh karena itu memperhatikan pola makan yang sehat sangatlah penting untuk memenuhi kandungan gizi dan asi yang nanti kalain berikan untuk sang bayi.

Menerapkan pola makan sehat juga bisa membantu kamu mengurangi berat badan yang naik secara drastis lho.

Nah itu dia 13 tips yang bisa membantu bunda menurunkan berat badan setelah melahirkan semoga cara ini bisa membantu bunda mendapatkan tubuh ideal sebelum hamil lagi ya.