Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transportasi Umun Unik di Dunia yang Sangat Menakjubkan, Indonesia Juga Punya

Transportasi umum sangat berperan penting untuk melakukan aktivitas masyarakat, entah itu untuk bekerja, menikamati wisata, untuk pulang kampung dan masih banyak lainnya. Selain itu juga memudahkan untuk masyarakat menjalani rutinitas sehari-hari. Di Indonesia ada berbagai jeni transportasi umum seperti, bus, taxi, Commuter Line dan yang lainnya. Bahkan ada yang unik, tak ada di negara lain.



Begitupun dengan trasnportasi negara lain  juga memiliki transporatasi unik yang masih digunakan. Uniknya transportasi ini di karena di modifaksi dengan desain yang unik. Seperti pada transporatsi unik di dunia berikut ini.

Transportasi Umun Uniik Di Dunia


1. Hafencity Riverbus di Jerman
 Hafencity Riverbus

Transportasi umum di Jerman sangat menarik perhatian dunia. Bus yang beropersi ini memiliki panjang sekitar 12 meter dengan lebar 2.54 meter dan tinggi 3.75 meter. Selain desain yang unik, bus bisa beropeasi di darat dan di air. Tidak seperti bus pada umumnya

Bus ini melayani tur wisata selama 70 menit untuk berkeliling di distrik Hafencity dan Rothenburgsort ke pelabuhan ELbe Hamburg.  Bus ini sudah beroperasi sejak tahun 2016. Bus ini pernah bermasalah karena perizinan karena Eropa belum menerbitkan regulasi lalu linta untuk transportasi model seperti ini.

2. Carmelit di Israel
Carmelit di Israel

Kereta bawah tanah Carmelit yang ada di Isreal berbeda dengan kereta bawah tanah pada umumnya. Sistem kereta bawah tanahnya kecil bahkan di nobatkan sebgai kereta bawah tana terkecil. Kereta ini di gerakna dengan kabel, terdiri 4 gerbong, 6 stasiun dan melwati terowongan 1.8 km.

Selain itu bentuk dari kereta bawah ini cukup unik yitu berbentuk miring dengan susunan menyerupai anak tangga di dalam gerbongnya dan tidak bergerak lurus, melainkan naik turun mengikuti jalu yang di laluinya.

3. Coco Taxi di Kuba

Coco Taxi di Kuba

Pada umumnya taxi itu memiliki roda empat bentuknya seperti mobil sedan. Tapi taxi kuba ini unik hnaya memiliki 3 roda dengan bentuk bulat sedikit lonjong dan terbuka di bagian depannya. Kalau menurt aku sih lebih mirip dengan helm bogo.

Kamu bisa menemukan Coco Taxi ini di kota Havana, bukan lagu ya? Bentuknya yang unik sangat menarik perhatian orang yang baru pertama kali liat. Pasti rasanya mau mencoba naik trasnportasi umum unik ini.

4. Borco de Totora di Peru

Borco De Totora

Transportasi unik ini bisa di temukan di Kepulauan Terapung Danai Titica, Peru. Transportasi unik adalah perahu wiata dengan bentuk Barco de Totora. Datilnya memiliki dua buah cadik berfungsi untuk mendayung berahu. Sebagian besar pada perahu terbuat dari lalang dengan kabin terbuka dan tempat duduk penumpang. Di kedua sisi perahun bentuknya seperti tanduk domba.

5. Suroboyo Bus di Indonesia
Suroboyo Bus di Indonesia

Bentuk bus ini cukup menarik perhatian publik, cum ayang membuat uniknya bus ini yaitu sistem pembayaannya yang menggunakan sampah plastik. Wah enak dong gratsi gak perlu keluang uang. Untuk bisa menaiki bus ini kamu hanya perlu membawa3-5 botol plastik, atau 10 gelas pasltik bekas. Kamu bisa langsung berkeliling di Surabya selama dua jam dengan Suroboyo Bus grstis. Ide ine membawa Surabaya memperoleh penghargaan Guangzhou Award tahun 2018 sebagai kota terbaik dunia.

6. Shinkansen Hello Kitty di Osaka Jepang

Shinkansen Hello Kitty

Di Jepang juga mempunya kereta cepat yang sangat unik yaitu model Helllo Kitty nama keretanya Shinkansen yang beroperasi  di Stasiun Shin-Osaka dan Stasiun JR Hakata.
Desainnya interior dan eskterior di dominasi dekoarasi Hello kitty yang sangat manis dan lcucu. Berkat inovasi yang kreatif ini Jepang terpilih sebagai tuan rumah World Exposition 2025.

7. Canal Taxi di Bangkok Thailand

 Canal Taxi di Bangkok Thailand

Pada umumnya taxi itu bentuknya mobil, tapi berbeda dengan Canal Taxi yang bentuknya perahu. Transportasi ini di kenal "Vanesia dari Timur" yang memiliki canal sebagai moda transportasi di sungai. Tujuannya untuk mempermudah akses ke candi Bangkok.

8. Ice Angel di Pulau Madeline, Amerika Serikat
Ice Angel di Pulau Madeline

Transportasi ini sangat unik sekali dan sangat membantu masyarakat saat musim dingin seperti bersalju. Jika menggunakan kendaraan umum biasanya rasanya tidak mungkin di saat bersalju. Oleh karena itu di Pulai Madelin amerika Serikat mereka menciptakan Ice Angel (Kapal feri) untuk mengapung di air atau danau beku. Ice Angel beroperasi dari Wisconsin ke Bayfield.

9. Houseboat di India
 Houseboat di India

Transportasi unik yang satu ini angkutan andalan warga Perairan Kerala, Inida. Jika naik trasnporatasi ini kamu bisa meliaht keindahan di perairan sekitar. Uniknya transportasi ini terlihat seperti rumah. Komplit banget perlengkapannya sperti kasur, ruang makan dan yang lainnya. Panjang sekitar 70-100 kaki dan lebar 15-20 kaki. Wah ini sih cocoknya berwisata dengan keluarga atau bulan madu.

10. Tuk Tuk  di Thailand
Kendaraan unik di dunia tuk tuk

Transportasi ini menjadikan sebagai kendaraan ciei khas Thailand. Kalau menurut aku sih mirip dengan transaportasi yang ada di Indonesia yaitu Bajaj, beroda tigda dan sopir ada di sidi depan. Cuma bedanya Tuk Tuk lebih besar dan terbuka. Transportasi ini bisa menampung sekitar 3 orang penumpang.

Demikianlah 10 transportasi umum unik di dunia. Menurut kamu unik semua gak? Apa di daerahmu ada trasnportasi umum unik yang lainnya? Jika ada boleh nih komentar.