Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang sudah terkenal di Indonesia dan memiliki banyak khasiat didalamnya. Tak heran daun sirih di jadikan bahan untuk membuat produk yang bisa bermanfaat untuk kebutuhan manusia, selain sifatnya alami daun sirih juga sangat aman untuk digunakan.
10 Khasiat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Produk kecantikan, kesehatan,produktivitas dan banyak lagi bisa di buat dengan menggunakan daun sirih. Memiliki banyak keunggulan dan kandungan baik didalamnya serta kaya akan manfaat yang bisa dirasakan.


Hal itu dikarena kan daun sirih memiliki zat tannin, saponin, eugenol dan zat lainnya didalam daun sirih, zat-zat ini lah yang bisa di manfaatkan untuk membuat obat tradisional, anti septik, anti inflamasi dan lainnya.

Memiliki kandungan yang kaya akan manfaat daun sirih mudah ditemui dan diolah, sehingga kalian gak perlu kuatir kehabisan daun sirih.

Cara Mengkonsumsi Daun Sirih

Daun sirih sangat mudah di olah dan dikonsumsi, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memakan atau meminum air rebusan daun sirih. Minum selagi hangat dan Anda akan merasakan khasiatnya untuk tubuh.

Selain bagus untuk kesehatan tubuh daun sirih juga bisa digunakan untuk perawatan mata, kulit dan wajah untuk mencegah munculnya bintik hitam dan jerawat membandel pada kulit.

Muncul pertanyaan bagaimana cara memanfaatkan daun sirih untuk kesehatan? kelebihan apa yang bisa kita rasakan setelah mengkonsumsi daun sirih dan apa benar daun sirih bisa mengobati penyakit?

Jawaban itu akan kita jawab dibawah, 10 manfaat dan khasiat yang akan Anda dapatkan ketika mengkonsumsi daun sirih hijau secara rutin. Daun sirih juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi wanita lho.

10 Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

10 Khasiat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Tubuh - sirih keraton

Manfaat daun sirih yang bisa kalian dapatkan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin, insyallah daun sirih bisa membantu menyembuhkan segala penyakit ringan hingga menangkal penyakit kronis yang bisa berbahaya untuk tubuh manusia. Baca juga khasiat daun sirih merah.

1. Mencegah Kanker


Banyak orang percaya, daun sirih hijau mengandung anti oksidan eugenol yang cukup tinggi. Zat ini berperan penting dalam tubuh manusia. 

Cara mendapatkan zat ini cukup mudah, dengan merebus daun sirih merah atau hijau dan meminumnya. Manfaat yang bisa didapat, zat ini bisa menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu kanker bagi penderita diabetes.

2. Menurunkan Gula Darah

Daun sirih kaya akan manfaat dan khasiat menurut para peneliti, mengkonsumsi rebusan air daun sirih yang dihancurkan terlebih dahulu akan memberikan banyak manfaat terutama untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh.

Khususnya bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, tapi jika kamu sudah menjalani pengobatan oleh dokter sebaiknya di konsultasikan dulu.

3. Menurunkan Kolestrol Didalam Tubuh

Salah satu manfaat daun sirih yang bisa di rasakan oleh banyak orang, menurunkan kolestrol yang ada didalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada pada daun sirih bisa membantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah.

Selain bisa menangkal radikal bebas yang bisa menimbuklan berbagai macam penyakit kronis, daun sirih juga bisa menurunkan kadar kolestrol pada tubuh dan menghancurkan lemak jahat. 

Mengkonsumsi daun sirih bisa Anda lakukan secara rutin untuk menghindari penyakit stroke, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu mengkonsumsi daun sirih juga bisa meningkatkan kolestrol baik yang ada didalam tubuh, tubuh Anda akan terasa lebih bugar lagi deh.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat daun sirih bukan hanya dirasakan untuk tubuh saja, tapi bisa dijadikan sebagai anti septik. Kandungan antiseptik dari daun sirih sangatlah luar biasa, tanaman ini bisa dijadikan obat luka bakar yang cukup ampuh.

Pada umumnya orang yang terkena luka bakar akan mengalami stres oksidatif yang bisa menghambat proses penyembuhan, menggunakan daun sirih bisa Anda coba untuk mengoptimalkan penyembuhan luka bakar.

Daun sirih akan memberikan perlindungan dan menghambat infeksi dari virus lainnya, hal ini di karenakan pada daun sirih terdapat kandungan polifenol.

5. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mungkin kalian pernah liat orang tua sering menggunakan daun sirih untun menyirih, ternyata daun sirih memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Menjaga kesehatan gigi amatlah penting, memiliki gigih yang indah bisa membuat kita tampil lebih percaya diri. Gigi bisa menunjang penampilan yang lebih optimal, oleh karena itu jagalah kesehatan gigi dengan baik dan benar.

Cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut, bisa coba bahan alami menggunakan daun sirih. Bisa didapatkan secara gratis dan Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk menjaga gigi tetap bersih.

6. Mengobati Mimisan

Sejak dulu kalo ada orang mimisan pasti langsung cari daun sirih atau kapas untuk menambal hidungnya. Ternyata daun sirih bisa digunakan untuk menyembuhkan mimisan lho, kandungan antioksidan yang ada pada daun sirih bisa menyembuhkan luka dan mempercepat pemulihan sel-sel didalam tubuh.

Selain itu menurut penelitian daun sirih bisa meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia, sehingga bisa mempercepat pemulihan luka.

7. Menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih hijau ataupun daun sirih merah, sama sama kaya akan khasiat dan manfaatnya. Jika suatu saat kamu sakit saluran pencernaan, coba gunakan daun sirih sebagai alternatif penyembuhan.

Zat yang ada didalam daun sirih bisa membuat lendir yang bisa melindungi dinding usu ataupun lambung, sehingga bisa lebih aman jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Daun sirih juga bisa meningkatkan metabolisme disaluran pencernaan, untuk mendapat hasil yang optimal Anda bisa mengunyah daun sirih untuk memproduksi liur yang nantinya bisa mudah di cerna.

8. Mengobati Radang Prostat

Daun sirih juga bisa dijasikan sebgai alternatif dari peradangan prostat, kandungan satonin dan sapnin bisa membantu kerusakan sel.

Dengan pembaruan dari kandungan tersebut sel-sel tersebut akan berjalan seperti biasanya lagi, caranya cukup mudah hanya mengkonsumsi rebusan air daun sirih 3x sehari. Untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Menurunkan Depresi

Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat daun sirih bisa mengendalikan atau meredakan tingkat depresi yang terjadi. Mengunyah daun sirih akan menghasilkan serotin atau hormon bahagia dengan jumlah yang lebih banyak. Hormon ini nantinya bisa membantu menurunkan tingkat depresi.


10. Meningkatkan Energi

Untuk meningkatkan energi Anda bisa mengunyah daun sirih dan biji pinang, biji pinang memiliki zat yang fungsinya hampir sama seperti kafein yang bisa meningkatkan adrenalin. Meningkatnya hormon bisa membuat Anda lebih fokus dan berenergi.

Mengkonsumsi daun sirih seperti ini sangat bagus dikala tidak ada kopi, daun sirih bisa jadi solusi untuk menambah energi untuk ronda dimalam hari.

Akhir Kata

Nah itu dia informasi yang bisa Anda dapatkan tentang manfaat daun sirih hijau ataupun daun sirih merah. Daun sirih memiliki keunggulan yang luar biasa terutama untuk kesehatan dan obat-obatan.

Sejak zaman dulu daun sirih dipercaya sebagai obat herbal alami yang mudah ditemukan, mulai dari penyakit ringan dan bisa menangkal penyakit kronis pada tubuh. Jadi anda tidak perlu kuatir akan efek samping dari daun sirih.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi daun sirih secara benar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bila perlu cobalah konsultasikan ke dokter, semoga artikel ini bermanfaat.