Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Website Sendiri Gratis Selamanya

Website adalah portal yang sangat penting ketika kita ingin menulis artikel, membuat profil, berjualan online diinternet danpdan kesempatan kali ini aku mau bahas cara membuat website atau blog sendiri tanpa hosting berbayar alias gratis selamanya tanpa menggunakan bahasa pemrograman (coding).

Membuat website ternyata sangat mudah, buat kamu yang tidak mengerti masalah teknis dan coding sebaiknya ikuti langkah-langkah ini untuk mendapatkan website yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Mengelola website tanpa perlu coding dan hosting didalamnya, kita bisa mengakses website secara gratis dengan kualitas yang sangat baik.
Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Hosting Berbayar
Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Hosting Berbayar



Mungkin yang terlintas di dalam pikiran Anda ketika mendengar "cara membuat website" ?Mahalnya biaya hosting dan tidak paham coding, butuh kuliah IT untuk memahami itu semua. Pemikiran tersebut salah besar. Buat kalian yang sekolah hanya sampai SD, SMP, SMA, SMK tentu bisa buat website berkualitas yang menampilkan konten-konten bernilai tinggi di internet.

Butuh komitmen yang kuat untuk meningkatkan website yang telah kamu buat, hingga bisa menghasilkan uang dari internet. Jika itu tujuan utamamu, beruntung sekali sudah datang diartikel ini, karena aku akan membahasnya secara detail.

Artikel ini akan membahas berbagai macam pertanyaan yang mungkin masih kalian tidak mengerti, mulai dari cara membuat website, hingga cara optimasinya.

Sebelum kalian masuk kedalam pembahasan ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu apa yang akan kalian lakukan didalam website tersebut. Poin-poin dibawah ini mungkin bisa membantu kamu mempelajari website lebih dalam lagi.

1. Tentukan tujuan dan buat tema yang relefan untuk website Anda

2. Buat motivasi untuk diri sendiri, agar Anda tetap semangat menulis

3. Tentukan platform website yang akan kalian buat

4. Cara optimasi Website

5. Strategi untuk meningkatkan jumlah views diwebsite Anda

6. Kelayakan situs mendaftar google adsense

7. Buat artikel sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Cara Mudah Membuat Website

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Hosting Berbayar
Langkah membuat website menentukan content dan strategy

Langkah 1: Tentukan Tujuan dan Buat Tema yang Relefan Untuk Website Anda

Silahkan tentukan tujuan websitemu, ingin untuk mencari uang atau hanya sekedar asal-asalan saja? Tujuan ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan website yang telah kamu buat nantinya.

Semakin matang tujuan apa yang telah kamu tentukan, harusnya niat untuk membuat konten akan semakin bagus untuk menciptakan konten bernilai tinggi.

Setelah kamu menentukan tujuan dari website tersebut, tentukanlah tema(niche) apa yang ingin kamu buat didalam website tersebut. Misalnya: kamu ingin membuat website tentang artikel berdasarkan tema, membuat website bisnis untuk klien, membuat website toko online dan lainnya.

Kita akan lebih fokus membuat website tentang artikel berdasrkan tema, setelah kamu berhasil mentukan tema apa yang ingin kamu buat. Bikinlah url yang sesuai dengan tema apa yang telah kamu ambil, misalnya saya membuat website tentang fashion maka url yang bisa saya pakai fashionwanita .com atau yang lainnya.

Menentukan url ini juga memiliki pengaruh yang cukup besar, website Anda akan lebih mudah ditemukan dimesin pencarian dan bisa meningkatkan jumlah pengunjung.

Langkah 2: Buat motivasi untuk diri sendiri, agar Anda tetap semangat menulis

Setelah itu buatlah motivasi untuk diri Anda sendiri, karena awalnya saya memiliki tujuan membuat website untuk mendapatkan uang. Maka saya perlu semangat yang tinggi untuk menciptakan konten bernilai tinggi untuk para pengunjung tercinta.

Membuat motivasi ini sangat penting terutama untuk memantapkan semangat Anda agar bisa semangat menulis artikel setiap harinya.

Ciptakanlah artikel-artikel bernilai tinggi agar artikel tersebut bisa bermanfaat dan mudah ditemukan di mesin pencarian google.


Langkah 3: Tentukan platform website yang akan kalian buat

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Hosting Berbayar
Menentukan platform

 

Menentukan platform yang akan Anda ambil untuk membuat website sangat penting, platform atau disebut CMS bisa membantu kamu membuat website tanpa harus mengerti kodingan tingkat tinggi.

Menggunakan platform untuk membuat website menjadi lebih mudah dan tidak rumit, Anda hanya perlu mengerti beberapa kode program untuk mengoptimasi website tersebut.

2 Rekomendasi Platform yang penulis sarankan untuk kalian:

1. Wordpress

Platform ini menjadi pilihan terbaik, jika Anda sudah mulai mengerti mengelola website dengan cukup baik.

Selain itu Anda butuh modal yang cukup besar untuk menginstall website di platform wordpress.org karena Anda memerlukan biaya untuk sewa hosting, beli domain, dan biaya lainnya seperti membeli plugin atau lisensi template.

Kelebihan Wordpress :
-Mudah diinstal
-Open source
-Ideal untuk yang tidak jago IT tapi sudah paham website
-Memiliki tampilan membuat post yang bagus

Kekurangan :
-Membutuhkan biaya hosting
-Mudah terkena serangan
-Menginstall plugin
-Butuh data backup pada cpanel

2. Blogger

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula, selanjutnya ada blogger yang bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman.

Untuk membuat website dengan platform blogger cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi blogger.com dan mendaftar seperti membuat akun Facebook.

Buat kalian yang ingin memiliki website dengan tujuan membuat artikel didalamnya, menggunakan blogger menurut saya pribadi sudah sangat baik.

Selain itu Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain dan template saja, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli hosting lagi dan tidak memerlukan jasa pembuatan website.

Blogger sudah memiliki hosting sendiri yang sudah sangat bagus dan cepat, buat kalian yang ingin buat website sendiri tanpa sewa hosting berbayar bisa menggunakan blogger. Anda bisa membuat website gratis selamanya dengan menggunakan blogger.
platform membuat website
Performance scores menggunakan blogger

Kelebihan Blogger :
- Install website sangat mudah seperti mendaftar akun Facebook
-Sangat ideal untuk kalian yang sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman.
-Tidak perlu sewa hosting
-Sangat cepat untuk diakses dan tidak memiliki batasan jumlah pengunjung

Kekurangan Blogger:
-Tampilan membuat postingan seperti menulis pada ms. word karena tidak memiliki block-block yang bisa di atur sesuai keinginan.

Langkah 4: Cara optimasi Website

Cara optimasi website

 

Setelah anda membuat website diplatform yang diinginkan, langkah selanjutnya mengoptimasi website tersebut agar bisa memiliki kualitas di mesin pencarian.

Anda perlu mempelajari SEO - ON PAGE dan SEO OFF PAGE agar setiap artikel yang anda buat menjadi tidak sia-sia dan mendapatkan rank dimesin pencarian google.

SEO OFF PAGE

SEO OFF PAGE adalah mengoptimasi webiste diluar konten yang telah kita buat. Seo off page membangun website dari segi eksternal, Anda perlu mengoptimasi inbound link/backlink dan melakukan aktivitas share dimedia sosial.

Cara Optimasi Seo Off Page
1. Link Building
2. Branding dimedia sosial
3. Listing Bisnis
4. Google Bisnisku
5. Reviews
6. Sharing dimedia sosial

SEO ON PAGE

SEO ON PAGE adalah cara mengoptimasi website dari konten yang telah kita buat. Mengoptimasi on page fokus dengan apa yang kita tulis didalam konten, artinya meningkatkan kualitas konten. Sehingga apa yang kita tulis memiliki nilai yang tinggi dan mudah dipahami oleh para pembacanya.

Mengoptimasi on page seo, bisa membantu artikel kita menempati posisi terbaik di mesin pencarian google. Artikel yang telah kita buat akan lebih relevan dengan kata kunci, oleh karena itu on page seo sangatlah penting.

15 Langkah Optimasi On Page Seo


1. Gunakan permalink sederhana
2. Buat judul konten menarik
3. Tambahkan gambar dan video
4. Optimasi alt atribute gambar
5. Manfaatkan Heading dan sub heading
6. Letakan fokus keyword di paragraf pertama
7. Gunakan tema responsif dan fast loading
8. Membuat outbound link internal
9. Tingkatkan kecepatan website
10. Buang widget yang memperlambat website
11. Gunakan LSI keyword
12. Tambah tombol share sosial media
13. Perhatikan jumlah kata dan panjang konten
14. Buat konten yang diminati dan menjadi solusi untuk orang lain
15. Gunakan meta description di setiap postingan

Langkah 5: Strategi tanam backlink untuk website anda

Strategi tanam backlink untuk website anda

Mengoptimasi website dengan seo on page dan off page sangatlah penting,  cara tersebut bisa memaksimalkan kualitas website anda dimesin pencarian google.

Selain itu anda juga perlu menentukan strategi untuk meningkatkan jumlah views diwebsite, tanamlah backlink secara manual dengan artikel berkualitas didalamnya. Gunakan layanan guest post yang tersedia di forum atau komunitas online yang memiliki domain authority yang cukup tinggi.

Semakin banyak anda melakukan cara ini secara manual bisa meningkatkan jumlah pengunjung didalam website yang anda miliki.

Langkah 6: Kelayakan situs mendaftar google adsense 

Kelayakan situs mendaftar google adsense

 

Mendaftar ke Google adsense untuk mendapatkan uang dari internet, anda perlu menyiapkan situs anda terlebih dahulu agar bisa diterima oleh google.

Pastikan situs anda memiliki artikel berkualitas dan original sebelum daftar kegoogle adsense, selain itu perhatikan jumlah kata yang ada didalam artikel tersebut.

Jangan lupa untuk menghidari kata-kata terlarang jika anda ingin daftar ke google adsense, karena biasanya kata-kata seperti inilah yang paling berbahaya dan bisa menyebabkan website anda ditolak.

Selain itu cobalah lengkapi menu navigasi diwebsite anda.

Langkah 7: Buat artikel sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan uang yang lebih banyak

Buat artikel sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan uang yang lebih banyak

 

Cara mendapatkan uang dari google adsense, ini adalah bisnis online terbaik yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Setelah anda melakukan semua cara diatas, langkah selanjutnya buatlah artikel setiap hari sebanyak-banyaknya dan jangan lupa untuk menambah backlink setiap bulannya. Lakukanlah secara manual agar website anda memiliki kualitas yang cukup baik di mesin pencarian google.

Artikel yang bernilai tinggi sangat penting terutama jika anda ingin mendapatkan jumlah views yang cukup tinggi, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah volume yang bisa anda dapatkan dari keyword yang ditulis.

Semakin berkualitas dan bernilai tinggi keyword yang anda ambil, uang yang akan anda dapatkan dari internet akan semakin besar.