Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Perawatan Ala Rumahan



brindil.com - Siapa sih yang gak mau tampil mulus tanpa masalah kulit wajah berminyak? Pastinya semua orang mengharapkan kulit wajahnya tetap sehat, kencang, tidak berminyak dan tak berjerawat. Ketika mengetahui kulit wajah berminyak hasilnya sangat mengganggu karena akan menimbulkan beberapa masalah seperti wajah terlihat mengkilap, jerawatan dan komedoan. Salah satu cara merawat kulit berminyak yang paling sederhana adalah dengan mencuci muka dengan benar.
Perlu kamu ketahui jika minyak pada kulit wajah sebenarnya memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Jika produksi minyak secara berlebihan justru akan bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan munculnya jerawat. Kulit wajah berminyak terjadi saat kelenjar Sebaceous pada kulit wajah menghasilkan terlalu banyak minyak. pada umumnya orang-orang yang memiliki kulit berminyak cenderung kulitnya lebih tebal. Untuk menjaga keseimbangan kandungannya adalah dengan menjaga kelembaban kulit

Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Perawatan Ala Rumahan

Perawatan kulit berminyak bisa dijadikan sebagai perawatan rutin. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak jangan sampai melakukan kesalahan dalam merawat kulit wajah supaya kulit wajah tetap bersih dan bebas jerawat. Berikut ini cara merawat kulit wajah berminyak yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mencuci muka secara teratur
Mencuci muka secara teratur bisa mengurangi jumlah minyak kulit wajah. Kamu juga bisa menggunakan shampo dan air hangat untuk mencuci wajah. Cucilah wajah setiap pagi sore dan setelah beraktifitas.  Usahakan ketika membersihkan wajah jangan menggosok kulit secara berlebihan maka itu aja akan mudah iritasi.
2. Memilih pembersih wajah yang tepat
untuk membersihkan wajah gunakanlah pembersih wajah khusus untuk kulit yang berminyak paling tidak mencuci wajah 2 kali sehari. hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat. usahakan kamu memilih pembersih wajah dengan kandungan anti bakteri dan bebas alkali. carilah pembersih wajah dengan kandungan vitamin B5 karena bisa mengurangi produksi minyak berlebihan. Dengan begitu dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sekaligus meregenerasi kulit supaya terlihat lebih halus.
3. Pakailah scrub untuk wajah
Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak bersihkanlah wajah secara rutin menggunakan scrub sebanyak 2 kali dalam seminggu. Scrub ini mampu membersihkan kotoran hingga kedalam pori-pori sehingga mengangkat sel kulit mati dan kotoran tersebut. Ketika mengaplikasikannya janganlah terlalu keras menggosok karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah.
4. Pakailah masker wajah
adanya Perawatan pada kulit wajah menggunakan masker juga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak. carilah masker wajah yang mengandung mineral yang bisa menyerap minyak dan mengurangi kulit wajah mengkilap. Jika sudah memakai masker oleskan sedikit pelembab supaya kulit tetap lembab dan lembut.
5. Pakailah cream wajah
setelah selesai pencuci muka gunakanlah krim wajah untuk kulit yang berminyak supaya bisa menjaga kelembaban kulit tanpa memproduksi minyak. Pilihlah krim wajah yang mattifying yang mengandung vitamin aloe vera dan asam hialuronat. kandungan tersebut bisa memberikan nutrisi dan menjaga kelembaban kulit wajah. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 saat berada di luar ruanganJangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 saat berada di luar ruangan.
6. Menepuk wajah sampai kering
Saat mengeringkan wajah atau menggunakan toner kamu harus menepuk kulit menggunakan kain yang lembut atau handuk yang lembut. Lakukanlah hal tersebut dengan hati-hati jangan sampai mengiritasi kulit karena gesekan kainnya. Carilah kain yang lembut.
7. Gunakan kertas blotting untuk wajah
Sekarang ini banyak sekali produk kertas blotting  yang dirancang untuk menyerap minyak pada kulit. ini hanya berfungsi untuk menyerap minyak yang berlebih pada kulit wajah supaya tidak terlihat mengkilap. Jadi tidak untuk mengobati minyak yang ada di kulit wajah.
8. Pakailah pelembab wajah
Menggunakan pelembab pada jenis kulit yang berminyak justru sangat bagus. memilih pelembab bebas minyak bisa menjaga kulit tetap lembab dan terlindung tanpa ada minyak. Kamu bisa memilih pelembab dengan yang mengandung aloevera supaya ya itu aja tetap lembab.
Nah itulah beberapa cara untuk merawat kulit berminyak yang dapat dilakukan di rumah. semoga cara tersebut efektif untuk mengurangi minyak pada wajah. Sehingga penampilanmu lebih menawan. jika ada masalah yang serius pada kulit kaca sebaiknya konsultasi ke dokter kulit untuk menemukan solusi yang lebih baik.