Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Daun sirih sudah terkenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, kali ini kita akan membahas manfaat daun sirih merah dan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Sebenarnya yang paling banyak ditemui itu adalah daun sirih berwarna hijau. Daun sirih ini terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati penyakit.
10 Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Mungkin kalian belum terlalu mengenal daun sirih merah, daun sirih ini memiliki kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, minyak atsiri dan senyawa polifenolat.
Kandungan ini bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan sebagai bahan antiseptik atau sebagai obat pneumonia.
Pada zaman dahulu daun sirih sering banget digunakan oleh orang berusia lanjut. Mereka menggunakan daun sirih untuk menyirih kata untuk membersihkan gigi. Teheran banyak dari mereka yang memiliki susunan gigi yang masih utuh dan kuat walaupun sudah berumur senja.

10 Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Mengurangi bau mulut dan bau badan

Daun sirih memiliki kandungan eugenol dan kapital yang berguna untuk mengatasi bau mulut. Manfaat dari daun sirih ini bisa didapatkan hanya dengan berkumur menggunakan daun sirih yang telah direbus.
Selain itu rebusan dari daun sirih ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau badan secara alami. Kandungan estradiol dan klaikula, bisa mengatur produksi hormon yang ada di dalam tubug sehingga tubuh kita tidak bau dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Untuk mendapatkan manfaatnya caranya cukup mudah kalian hanya perlu merebus daun sirih merah dan menggunakannya secara rutin. Baca juga manfaat dan khasiat daun sirih hijau.

Antiseptik

Mungkin yang satu ini udah nggak asing lagi untuk kalian dengar, daun sirih pada umumnya bisa digunakan sebagai bahan antiseptik alami.

Contoh kecilnya kalian sedang berada di gunung atau sedang bermain di kebun dan kalian mengalami luka, pertolongan pertama yang bisa dilakukan misalnya mencari daun sirih. 

Daun sirih bisa membunuh bakteri dan kuman, cara menggunakannya kalian perlu mengunyah daun sirih tersebut lalumlalu ke bagian luka dan tutup secara merata.

Mengobati gusi berdarah

Bagi Anda yang memiliki masalah sensitif terhadap gusi, daun sirih merupakan cara terbaik untuk mengobatinya secara alami.

Daun sirih dipercaya bisa meredakan peradangan pada gusi dan mengatasi luka pada gusi tersebut.

Cara menggunakannya cukup mudah anda hanya perlu merebus daun sirih dan menggunakannya untuk berkumur-kumur secara rutin 3 kali sehari.

Mengobati penyakit gatal

Mungkin disini ada yang memiliki penyakit gatal pada badan atau kulit. Hebatnya daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal tersebut.

Rebusan daun sirih dipercaya bisa meredakan rasa gatal pada tubuh dan menghilangkannya secara perlahan.

Caranya cukup mudah anda bisa mengambil 30 lembar daun sirih dan merebusnya lalu usapkan pada bagian yang terasa gatal.

Daun sirih untuk mengobati batuk


obat batuk alami yang paling ampuh dan bisa didapatkan secara alami, jawabannya daun sirih. Mengkonsumsi daun sirih merah dipercaya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit batuk.

caranya cukup mudah kalian hanya memerlukan 5-8 daun sirih untuk membuat ramuan herbal ini. Setelah itu jangan lupa untuk  cuci terlebih dahulu daun sirih lalu rebus di dalam 300 ml air tunggu hingga mendidih dan minum selagi hangat.

Bisa mengobati asam urat secara alami

daun sirih memiliki banyak manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan misalnya untuk mengobati asam urat secara alami.

Merebus daun sirih merah bisa mengobati asam urat menggunakannya secara rutin bisa mengurangi rasa nyeri pada otot dan menyembuhkan asam urat.

nah buat kamu yang memiliki masalah asam urat tinggi bisa mengkonsumsi daun sirih secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi sakit perut

Pernah nggak sih kalian merasakan sakit perut dan mau beli obat warungnya pada tutup? Kalau kondisinya lagi kayak gini carilah pohon daun sirih dan coba rebus daun sirih.

Rebusan dari air daun sirih ini bisa menghilangkan rasa sakit perut yang kamu alami.

Mengobati penyakit bronkitis

Buat kalian yang memiliki penyakit pernafasan jangan lupa untuk mengkonsumsi air daun sirih, pasalnya rebusan tersebut bisa mengobati saluran pernapasan.

untuk mendapatkan manfaatnya kalian perlu merebus daun sirih dengan waktu yang cukup lama.

Cara untuk membuat ramuan herbal ini ambil 7 lembar daun sirih lalu direbus dengan api yang panas sampai mendidih, jangan lupa untuk meminum ramuan herbal ini selagi hangat ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati pneumonia

masalah pernapasan lainnya yang bisa diobati oleh daun sirih adalah pneumonia, daun sirih bisa membantu kamu mengobati penyakit ini.

hanya dengan 5 sampai 7 lembar daun sirih Anda bisa membuat ramuan herbal ini di rumah sendiri. Cara untuk membuatnya cukup mudah hanya tinggal di rebus dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Mengobati penyakit jantung koroner

Selain untuk kesehatan daun sirih juga bisa mengobati penyakit, kali ini bisa mengobati penyakit jantung koroner.

caranya cukup mudah anda perlu mengambil beberapa lembar daun sirih dan menghaluskannya lalu dicampur dengan cabai, tambahkan bawang merah dan jintan.

Kesimpulan daun sirih

Pada artikel ini bisa kita simpulkan bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat yang tidak terduga untuk tubuh manusia.


Jadi intinya daun sirih bukan digunakan hanya untuk menyirih, banyak manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi daun sirih secara rutin.

manfaat-manfaat ini bisa sangat dirasakan oleh orang-orang yang membutuhkannya terutama untuk mereka yang telah lanjut usia.

oleh karena itu jangan lupa untuk mengingatkan mereka untuk selalu mengkonsumsi daun sirih untuk mendapatkan tubuh yang sehat.