Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konten Youtube Untuk Pemula dan Cara Optimasinya

Mau jadi youtuber dan bingung mau bikin konten Youtube apa untuk seoarang pemula? Pasti setiap orang punya jalannya sendiri untuk meraih kesuksesaan di Youtube.

Sebenarnya jadi seorang youtuber itu gampang banget, buatlah konten yang menarik dan bagus untuk di tonton. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas video yang Anda buat.

Setiap menitnya ada banyak orang yang upload video ke Youtube, ada yang bikin video mirip punya orang lain dan bikin konten unik yang belum pernah ada di youtube.

Dari sini apa kamu sudah mulai paham mau bikin konten Youtube seperti apa? Kalo belum begitu paham simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawaban yang Anda cari selama ini.
Konten Youtube Untuk Pemula dan Cara Optimasinya
Konten Youtube Untuk Pemula


Youtubers Pemula Perlu Menentukan Tema dan Mempromosikan Videonya

Kenapa youtubers pemula perlu menentukan tema? awal kita bikin video mungkin video-video yang telah kita buat tidak akan memiliki jumlah views yang banyak.

Terutama jika video kita seperti film pendek atau komedi, jika channel besar mungkin akan sangat gampang mendapatkan penonton.

Teruslah berkarya dan jangan pernah menyerah, mungkin Anda akan mendapatkan comennt hate yang bikin diri Anda menyerah menjadi seorang youtuber. Cobalah jadikan hate tersebut motivasi untuk diri Anda menjadi lebih baik dan berkarya lebih bagus lagi.

Setiap orang yang baru memulai Youtube pasti memiliki komen hate yang bisa bikin mereka menyerah menjadi seorang youtuber. Mungkin akan ada yang hate sama Anda dan mensupport channel Anda, karena setiap penonton itu beda-beda.

Setelah Anda membuat video baru di channel Youtube, langkah selanjutnya coba promosikan video-video tersebut di media sosial. Share ke komunitas Facebook, twitter atau media sosial lainnya. Jika Anda malu untuk dapat dukungan dari keluarga besar tercinta mungkin share ke media sosial adalah cara terbaik untuk memulai channel Anda.

Tingkatkan Kualitas Video dan Editing

Ada baiknya jika Anda memulai Youtube lebih memperhatikan kualitas video dibanding kuantitasnya, penonton Anda akan merasa lebih nyaman dan nonton video Anda sampai habis.

Beda halnya jika Anda memberikan kuantitas kepada penonton Anda, kualitas yang baik akan sangat bagus untuk perkemabngan channel Youtube yang Anda miliki.

Oleh karena itu Anda perlu belajar proses editing hinggamenjadi proffesional dibidangnya. Penonton akan semakin kagum dengan karya yang Anda buat. Jangan lupa baca youtuber terkaya didunia.

Cara Optimasi Video Youtube

Rahasia ini udah saya jalankan selama membangun channel youtube milik saya pribadi, menurut saya seo optimasi seo pada video youtube sangatlah penting, terutama jika anda ingin dapat viewers yang lebih banyak.
Mengoptimasi video youtube untuk channel baru sangat penting, terutama dalam pembuatan judul dan deskripsi didalamnya. Membuat judul yang alay dan menggunakan bahasa daerah tidak direkomendasikan. Hal ini bisa menyebabkan video anda tidak ditemukan oleh orang lain.
Sebelum anda memulai proses syuting ada baiknya menentukan video apa yang ingin anda buat, jangan lupa untuk cek volume pencariannya menggunanya tools gratis seperti ubersugest.
Inysallah anda akan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak ketika anda mengoptimasinya, cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk mendatangkan jumlah viewers di video-video youtube anda.

Rekomendasi Konten Youtube Untuk Pemula

1. Story Telling (Menceritakan Sesuatu)

Kalo menurut saya pribadi membuat video story telling sangat mudah dan tidak memerlukan proses editing dengan efek yang cukup berat. Walaupun agak berat untuk proses cut video, tapi buat kalian yang masih memiliki laptop atau hp kentang cukup worth it.

Pada tema ini Anda bisa menceritakan kejadian horror, bercerita lucu atau bercerita romantis. Ketiga tema ini bisa dibilang bisa mendatangkan views yang cukup banyak.

Contoh dari channel story telling kita ambil dari Nessie judge, bisa dibilang video-video yang dimilikinya masuk kategori story telling.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda perlu meriset judul yang ingin Anda buat dan membuat naskahnya. Setelah naskah jadi Anda bisa mengambil proses syuting diruang tamu, kamar, ruang keluarga. Gak perlu background yang luas untuk bikin konten story telling.

Setelah itu Anda bisa menghapalnya atau membaca tapi para penonton tidak melihatnya, biasanya proses syuting story telling bisa menghabiskan 1-3 jam pembuatan.

Sedangkan proses editingnya sekitar 2-4 jam karena capek di cut video, tapi itu semua tergantung dari cara Anda mengambil video. Jika banyak take yang salah Anda perlu waktu yang lebih lama untuk proses cuting.

2. Video React

Selanjutnya anda bisa bikin video react, membuat konten yang mudah menjadi pilihan buat youtubers yang gak mau proses editing yang cukup lama. Namun Anda perlu pinter ngomong untuk bikin konten yang satu ini.

Cara bikin konten react cukup mudah, Anda perlu mencari video viral dan memberikan reaksi dan tanggapan Anda tentang video tersebut dengan lebay didepan kamera. Jangan lupa untuk mematuhi hukum di Indonesia dan jangan memberikan tanggapan yang bisa mencemarkan nama baik orang lain.

Video konten react ini biasanya paling mudah jika kalian punya sikap heboh dan ga bisa diem, beda jika Anda adalah orang yang kalem.

Selain itu Anda juga perlu memberikan tekanan suara yang lebih keras agar para penonton Anda bisa mendapatkan feelnya. Wah dijamin channel Anda tidak akan membosankan.

3. Tutorial

Mungkin anda adalah orang yang ingin mengedukasi orang lain, konten tutorial kayaknya cocok deh buat dirimu.
Kita bisa bikin tutorial apa aja di kanal youtube, kalo bisa jika anda memutuskan untuk bikin tutorial jangan sampai kanal youtube anda memiliki niche tutorial yang campuran. Maksudnya kaya gini, jika anda bikin tutorial makeup, terus tiba-tiba mood anda lagi pengen bikin tutorial website. Wah kalo kaya gitu nanti para penontonya kabur.
Sesuaikan apa yang paling diminati para penonton dikanal youtube anda dengan apa yang ingin anda buat kedepannya, berikanlah apa yang mereka paling minati agar jumlah subscribers dan penonton di kanal youtube anda bisa terus bertambah.

4. Ghibah

Kategori selanjutnya adalah Ghibah, mungkin buat kalian yang punya teman asyik dan banyak ngomong bisa ajak mereka untuk masuk kedalam video yang akan Anda buat.

Buat konten ghibah cukup gampang, Anda hanya perlu ngobrolin apa yang lagi viral bersama-sama. Untuk mendapatkan ide membuat konten ghibah Anda perlu mengikuti berita artis, gosip dan kpop.

Biar dosanya gak besar banget, coba bikin konten yang ngomongin orang tapi masih mengedukasi.

5. Konten Fair Use

Buat kalian yang malu untuk tampil didepan kamera bisa coba bikin konten fairuse, konten ini memiliki pedoman menggunakan video orang lain sewajarnya. Sayangnya banyak orang berpendapat kalo bikin video kaya gini adalah seorang reuploader.

Selain itu di kanal youtube udah banyak banget mereka yang bikin konten seperti ini, anda akan bersaing sama banyak orang jika masuk ke konten yang satu ini. Contohnya membuat video mirip calon sarjana.

Faktor kesuksesan konten fair use tergantung dari kualitas video, editing dan pembawaan materi yang anda sampaikan ke penonton.
Oleh karena itu sebelum bikin video ada baiknya untuk bikin naskah yang mateng dan mendidik untuk orang lain.

6. Vlog

Jika anda memiliki fisik yang lumayan oke dan bisa editing cukup baik, sepertinya anda harus coba konten vlog.
Membuat konten vlog bisa dibikin secara natural tanpa naskah yang panjang, tapi anda perlu membuat konsep video vlog tersebut agar memiliki alur cerita yang lebih menarik.

Pada umumnya kalo bikin video vlog kebanyakan tanpa naskah dan bikinnya secara natural, selain itu anda perlu peralataan yang cukup bagus untuk bikin konten vlog agar kualitas video anda bisa lebih baik.

7. Gaming

Buat kalian yang suka main game dan punya impian jadi youtubers gaming, mungkin bisa kalian coba.
Tapi sayangnya saingannya itu udah banyak banget, jika dibandingkan dengan konten lainnya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa punya kanal youtube gaming, awalnya mungkin mereka iseng-iseng atau ada juga yang pengen serius di konten gaming.

 Video anda harus menarik dan punya story telling yang cukup baik agar para penonton tidak bosan, selain itu anda harus punya ciri khas sendiri misalnya keseruan anda bermain game, react anda saat bermain game. Jangan lewatkan untuk baca Aplikasi perekam layar untuk pc dan laptop terbaik untuk bikin konten video gaming.

Jangan lupa untuk menambahkan suara atau video diri anda agar channel youtube gaming milik anda bisa di monetize dengan google adsense untuk menghasilkan uang dari game.

8. Film Pendek

Konten yang masih cukup bagus dan banyak viewersnya di 2020 bisa coba film pendek, masih cukup worth it dan memiliki penonton yang banyak ditahun ini.
Cara memulai pembuatan film pendek bisa pake kamera hp dan gadget seadanya, jangan lupa untuk membuat naskah dan proses editing yang cukup baik agar karyamu banyak diminati.
Membuat film pendek perlu ide yang kreatif dan perlu konten-koten fresh agar penonton anda tidak bosan, anda perlu membuat video minimal 3 perminggunya agar kanal youtube anda bisa cepat naik.
Kesimpulan
Menjadi seorang youtubers tidaklah mudah, anda perlu kesabaran ketekunan dan terus belajar mempelajari hal-hal baru seperti editing video, pembuatan naskah dan mencari ide-ide kreatif lainnya