Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Baik dan Aman

Brindil.com - Sepatu berbahan kulit memang sangat keren untuk digunakan terutama untuk pria, namun cara merawat sepatu kulit membutuhkan metode khusus agar sepatu kulit tidak bau dan berjamur.

Perawatan yang benar membuat sepatu kulit menjadi lebih baik dan lebih bagus saat digunakan untuk bekerja, sekolah atau bertemu klien.
15 Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Baik dan Aman



Kenapa sepatu kulit bisa cepat rusak?


Pada umumnya sepatu kulit sering sekali mengalami lekukan di bagian depan dan terlihat kusam. tenang aja masalah tersebut bisa diatasi dengan cara merawat sepatu kulit dengan baik dan benar.

Biasanya kerutan atau lekukan terjadi ketika ukuran kaki yang kita miliki tidak sesuai dengan sepatu. Terutama jika kita menekuk, maka akan terlihat lipatan dengan lebih jelas dan yang lebih parahnya bisa merusak sepatu.

Selain itu sepatu kulit juga bisa terkelupas jika terlalu lama terkena sinar matahari, hal ini dikarenakan lapisan lilin menjadi haus akibat kepanasan.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Dengan kasus seperti itu maka kita perlu memperhatikan cara merawat sepatu kulit dengan baik dan aman. hal ini perlu kita lakukan agar sepatu kulit yang kita miliki menjadi lebih awet dan terlihat seperti baru lagi. Berikut ini ada 10 cara untuk merawat sepatu kulit yang aman dan tidak merusak.

1. Bersihkan Langsung Ketika Kotor

Setiap pemilik sepatu pasti tidak ingin sepatunya terlihat kotor, ternyata membersihkan sepatu secara langsung bisa memberikan dampak yang sangat bagus.
Bersihkan Langsung Ketika Kotor - cara merawat sepatu


Kamu tidak perlu mencucinya, setidaknya setelah menggunakan langsung membersihkan untuk mencegah jamur dan bakteri yang ada di sepatu.

Jika sepatu tidak dibersihkan maka kotoran akan menempel terlalu lama, tentunya hal ini sangat berbahaya dan bisa merusak sepatu.

Kamu bisa menyikat, mengelap dan menyemirnya secara rutin sehabis pakai. Walaupun cara Ini sederhana tapi bisa membuat sepatu kulit menjadi lebih awet dan terlihat bagus.

2. Semprotkan Pembersih dan Pelindung Sepatu Kulit


Selanjutnya kamu perlu membeli semprotan khusus untuk sepatu kulit. Cara ini cukup mudah dan simpel banget untuk merawat sepatu kulit.
menyemprotkan cairan khusus sepatu - cara merawat sepatu kulit


Semprotan ini bisa menjadi senjata ampuh untuk membersihkan sepatu kulit dengan cepat dan mudah. selain itu semprotan khusus juga bisa membantu kamu menghilangkan kotoran yang menempel dan mudah dibersihkan.

3. Keringkan Ketika Basah

Sepatu kulit paling rawan terkena air, oleh karena itu mencuci sepatu kulit tidak boleh dilakukan secara rutin.

Sepatu kulitmu akan cepat rusak jika terlalu sering terkena air. Air merupakan musuh terbesar bagi seluruh jenis sepatu terutama untuk sepatu kulit.

Jika tidak langsung dikeringkan maka bagian dalam sepatumu akan menjadi lembab dan menimbulkan bau.

Untuk cara mengeringkannya cukup mudah, gunakan handuk kecil dan buang seluruh air yang ada di dalam sepatu. Pastikan sepatu kulit terkena sinar matahari yang tidak terlalu panas dan diangin-anginkan, hal ini bisa membantu mempercepat pengeringan sepatu.

4. Tambahkan Gel  Silika

Ketika sepatu kulit tidak terpakai, maka kamu akan menyimpannya di dalam lemari atau tempat sepatu tapi jangan lupa untuk memberi gel silika ke dalam sepatu kulit.

Fungsi dari sel silika ini bisa mengatur dan menyerap suhu yang terlalu lembab. Sehingga sepatu kulitmu akan lebih aman berada di dalam lemari tersebut.

Kelembaban sangat berpengaruh terutama jika kamu tidak ingin munculnya jamur, bakteri dan perubahan warna pada sepatu kulit tercintamu.

5. Jangan Disimpan Menggunakan Plastik

Buat kalian yang ingin lebih ringkas dan tidak bala saat menata sepatu, sebaiknya jangan gunakan plastik untuk menyimpannya. Plastik bisa menempel dan membuat sepatu menjadi lembab, lembab ini bisa memicu timbulnya jamur.

selain itu menggunakan plastik saat menyimpan sepatu bisa merubah warna hingga pudar karena plastik bisa menyerap warna.

6. Bersihkan Sepatu Kulit yang Tidak Terpakai 2 Minggu Sekali

Membeli sepatu kulit biasanya di bandrol dengan harga yang sangat mahal. nggak mau dong udah beli mahal-mahal tapi sepatu kulit tersebut menjadi rusak atau berjamur.
mengeluarkan sepatu dari lemari - cara merawat sepatu kulit


Agar sepatu kulit tersebut terlihat baru dan tidak berjamur, maka perlu perawatan rutin untuk membersihkannya minimal dua minggu sekali.

mengeluarkan sepatu kulit dari kotak atau tempat penyimpanannya sangatlah penting, bahan kulit membutuhkan udara normal agar tetap kering.

Menyimpan sepatu kulit di dalam boks terlalu lama bisa membuatnya menjadi lembab dan mudah mengelupas.

7. Simpan yang Rapi

Setelah selesai dibersihkan maka langkah selanjutnya simpanlah suatu kulitmu dengan rapi.

Menyimpan sepatu kulit dengan rapi bisa menghindari kerusakan kulit yang pecah-pecah.

Jangan lupa memberikan jarak agar sepatu kulit nya aman dari goresan dan bakteri dari sepatu nya.

Selain itu tambahkan ganjalan untuk mempertahankan bentuknya.

8. Rajin Menyemir Sepatu dengan Warna yang Sama

gunakan semir terpercaya - cara merawat sepatu

Untuk mempercantik dan memperkilap tampilan sepatu kulit, perlu rajin disemir.

Gunakanlah semir dengan merk terpercaya dan tidak merusak warnanya,jangan lupa menggunakan warna yang sama sesuai dengan warna sepatu kulit.

Menyemir sepatu kulit harus satu arah hal ini untuk mempercantik warna yang dihasilkan bisa lebih alami.

cara ini bisa membantu sepatu kulit mempertahankan warnanya dan dan menjadi lebih bagus seperti baru lagi.


9. Mencuci Sepatu Kulit dengan Ditergen Lembut

Sebenarnya mencuci sepatu kulit dengan deterjen bisa membuat warna menjadi cepat pudar. Tidak semua sepatu bisa dicuci dengan deterjen biasa oleh karena itu perlu diterjen yang lebih lembut.

Untuk mendapatkan ditergen yang lebih lembut kamu bisa membeli detergen khusus untuk pakaian bayi.

Jangan lupa untuk menambahkankan air hangat saat mencuci sepatu kulit kamu.

10.  Gunakan Lotion Khusus

Sepatu kulit tidak boleh dicuci secara rutin oleh karena itu perlu perawatan tambahan misalnya memberikan lotion khusus.

Memberikan cairan atau lotion khusus, bisa membantu sepatu kulit kamu tetap lembut dan halus.

Sebenarnya caranya nggak ribet kamu hanya perlu beli latihan khusus dan rutin mengelapnya. cara ini bisa bikin sepatu kulit kamu lebih awet dan panjang usianya.

11. Gunakan Sikat Gigi

sikat gigi bisa sangat berguna untuk membersihkan sepatu, buat para pecinta sepatu atau sneakers pasti udah nggak asing lagi sama cara yang satu ini. Sikat gigi menjadi senjata wajib yang perlu dimiliki untuk membersihkan sepatu.

Pastikan memilih sikat gigi dengan bahan yang lembut untuk menjangkau sela-sela sepatu. Sikat gigi yang halus dan lembut tidak akan merusak sepatu, selain itu menggunakan sikat gigi bisa membersihkan sepatu dengan lebih mudah.


12. Coba lah cuka dan baking soda

cuka dan baking soda - cara merawat sepatu

Ternyata campuran cuka dan baking soda bisa menjadi cara membersihkan sepatu dengan mudah.

campuran dari cuka dan baking soda bisa menjadi alternatif yang cukup efektif untuk membersihkan sepatu, khususnya sepatu berwarna.

Caranya cukup mudah campurkan 2 sendok cuka dan baking soda lalu aduk sampai menjadi pasta.

Setelah itu kamu bisa menggunakannya dengan cara menyikat sepatu dengan pasta menggunakan sikat gigi lalu digosok secara perlahan.


13. Gunakan Bedak Tabur

Bau merupakan masalah yang sering di alami pada sepatu kulit.

Jika terlalu sering dicuci maka sepatu kulit akan mudah rusak, bedak tabur bisa jadi solusi untuk menghilangkan bau di dalam sepatu.

Aroma yang diberikan dari bedak tabur bisa menutupi bau, selain itu bedak tabur juga bisa menyerap lembab yang berlebihan.

14. Oleskan Minyak Kelapa

untuk membersihkan sepatu kulit perlu metode khusus dan perawatan tambahan misalnya mengoleskan minyak kelapa.
tambahkan minyak kelapa - cara merawat sepatu kulit


Ketika sepatu kulit kotor cukup mengelapnya menggunakan kain dan menambahkan sedikit minyak kelapa noda pun langsung hilang.


15. Rawatlah Dengan Cinta

Cinta merupakan suatu hal yang penting untuk merawat sepatu kulit. Cara mencuci sepatu dan merawat sepatu kulit brodo memerlukan metode khusus yang baik dan benar.

Hal ini bisa memperawet membuat sepatu kulit menjadi lebih baik.

Intinya kamu harus merawat sepatu kulit dengan cinta agar bisa lebih baik saat digunakan.