Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat dan Bersih

Ketika telinga tidak di rawat dengan baik, dampak negatif seperti telinga kotor dan hilangnya pendengaran akan terjadi.  Oleh karena itu kita perlu merawat telinga dengan baik dan benar agar tetap sehat dan bersih, kali ini brindil punya 5 cara yang bikin telingamu normal lagi.

Setiap orang pasti ingin mendengar lebih jelas dan mengatasi masalah yang terjadi ditelinganya. Oleh karena itu Anda perlu menjaganya dengan baik agar pendengaranmu bisa berfungsi dengan baik.



Memiliki telinga yang bersih dan sehat sangatlah penting, telinga yang bersih bisa memberikan suara terdengar jelas dan Anda bisa menyimak apa yang diucapkan orang lain dengan lebih detail tanpa harus meminta orang tersebut mengulang apa yang dikatakannya.

Cara Kerja Telinga dan Fungsi Lain

6 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat dan Bersih- cara kerja telinga

Telinga yang kita miliki memiliki cara kerja yang luar biasa. Untuk menjalan fungsi-fungsinya dengan baik sebagai alat pendengaran yang ada di tubuh kita. 

Telinga bisa menangkap suara yang ada dan di proses ke otak manusia, sehingga otak bisa mengenal suara tersebut. Selain itu telinga juga memiliki fungsi lain yaitu menjaga keseimbangan tubuh.

Tak heran ketika sesorang mengalami sakit telinga (tinnitus, barotrauma atau meniere) fungsi pendengaran akan menurun dan keseimbangan tubuh menjadi tidak terkontrol dan menjadi sempoyongan.

Cara Merawat Telinga dengan Baik dan Benar

Setelah kita tau cara kerja telinga yang luar biasa, maka perlu merawat telinga dengan baik dan benar untuk mengantisipasi hal-hal berbahaya yang mungkin terjadi pada telinga anda.

1. Hentikan kebiasaan mengorek telinga

Jika didalam telinga kotor, pasti rasanya ingin mengorek kotoran tersebut. Ternyata kotoran yang ada didalam telinga memiliki peran yang penting untuk melindungi dari debu dan kotoran lainnya.

Oleh karena itu jika kotoran yang ada didalam telinga masih sedikit sebaiknya jangan terlalu sering mengoreknya yah.

2. Jngan mengorek terlalu dalam atau menggunakan kuku

Kebiasa selanjutnya yang sering terjadi adalah mengorek telinga terlalu dalam atau mengoreknya dengan kuku.

Cara ini sangat berbahaya terutama untuk kesehatan telinga Anda, dampaknya telinga tersebut mungkin bisa kena iritasi dan menimbulkan bekas luka didalam telinga. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini dari sekarang jika Anda masih melakukannya.

3. Jauhkan telinga dari suara yang keras

Jika kamu mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone. Pastikan suaranya tidak terlalu keras dan hindari pemakaian lebih dari 1 jam.

Mendengarkan musik menggunakan earphone sampai tertidur pulas bisa sangat berbahaya untuk kesehatan telinga. Mungkin Anda bisa kehilangan pendengaran karena terlalu sering menggunakan dan berlebihan.

4. Menjaga Telinga Agar Tetap Kering

Kondisi telinga yang basah bisa menimbulkan bakteri dan jamur berkembang lebih cepat didalam telinga. Selain itu bisa memicu iritasi dan infeksi.

Setelah mandi atau berenang ada baiknya menyumbat telinga Anda untuk mencegah air masuk terlalu banyak kedalam telinga. Biasanya jika telinga kemasukan air, suara akan terdengar tidak jelas dan solusinya Anda bisa memiringkan kepala hingga air keluar.

5. Melakukan Pemeriksaan ke Dokter THT

Jika Anda mengalami masalah terhadap telinga, langkah yang paling tepat segera pergi ke dokter THT untuk mendapatkan solusi dan pertolongan yang lebih baik.

Datang ke dokter THT bisa dilakukan ketika Anda ingin memeriksa kesehatan telinga, pemeriksaan dini ini sangat penting dilakukan terutama jika Anda mulai mengalami gejala-gejala kecil dari pendengaran yang mulai tidak terdengar jelas. Penanganan dan pencegahan bisa dilakukan ketika Anda mengetahui apa yang terjadi dengan telingamu.

6. Pakai Earplug

Jika Anda bekerja ditempat yang tidak kondusif (bising) ada baiknya menggunakan earplug. Earplug adalah perangkat yang bisa melindungi telinga dari suara yang amat keras,  menggunakan earplug saat berkerja ditempat yang bising bisa menolong telinga Anda. Jika tidak sering digunakan maka pendengaran Anda akan meurun.

Earplug bisa didapatkan di toko kesehatan, klinik terdekat. Menggunakan earplug saat berkerja ditempat yang bising waji digunakan untuk mencegah hilangnya pendengaran.

Penutup

Nah itu dia cara merawat telinga agar tetap sehat dan bersih, menjaga telinga dengan baik sangat penting. Terutama jika anda tidak ingin kehilangan pendengaran.

Oleh karena itu ada baiknya merwat telinga, mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa konsultasikan ke dokter THT terdekat jika anda memiliki gangguan dengan telinga.